Ini Spesifikasi Smartphone yang Diinginkan Konsumen Indonesia

advan

Survey yang digagas ADVAN dengan menggandeng MARS sebagai pelaksana survei menunjukkan bahwa hanya 13,9% pengguna smartphone yang menggunakan merek smartphone lokal. Sementara itu, dari penelitian terhadap 209 responden di Jakarta Raya pada Mei 2016 lalu dijumpai bahwa 89% responden mengaku menggunakan merek smartphone internasional.

Fakta itulah yang menjadi tantangan bagi brand lokal, salah satunya ADVAN, untuk dapat bersaing memperebutkan hati konsumen Indonesia. Oleh karena itu, dikatakan Brand Director ADVAN Andy Gusena, "Kami ingin mewujudkan produk impian masyarakat Indonesia sesuai dengan keinginan dan ekspektasi mereka. Untuk itu, kami menggelar proyek riset ini bersama MARS, dengan Hasnul Suhaimi sebagai Kepala Proyek Risetnya."

Lantas, apa saja yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam memilih smartphone? Dipaparkan Suryo A. Soekarno, Commercial & Business Development Director MARS Research Specialist, dari hasil riset tersebut terungkap bahwa daya tahan baterai menjadi pertimbangan utama dalam membeli smartphone. Selanjutnya, diikuti secara berturut-turut oleh jenis operating system, kecepatan web browsing, resolusi kamera, ukuran memori, tingkat responsif layar sentuh, jenis jaringan, kemudahan menggunakan, ukuran layar, dan terakhir brand atau merek.

Dari hasil survei terhadap responden dengan pengeluaran bulanan Rp 2,5 juta hingga di atas Rp 7 juta itu, juga menemukan fakta bahwa ada tujuh keluhan utama yang paling dirasakan konsumen. Ketujuh keluhan itu adalah baterai cepat habis (33,5%), untuk browsing lama (14,8%), baterai cepat panas (14,4%), RAM kecil (12,9%), kamera kurang jernih (9,1%), hape sering mati (8,1%), dan memori kurang besar (7,2%).

Ditambahkan Suryo, yang menarik untuk dicermati, ternyata hampir 80% responden mengganti smartphone mereka dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. Alasan lima tertinggi pengguna mengganti smartphone adalah karena ingin mengganti model yang baru, yakni sebanyak 31,1%. Selanjutnya, karena hape mereka rusak (19,14%), karena sudah bosan (15,31%), mencari hape yang lebih canggih (12,92%), dan agar tidak ketinggalan zaman dalam hal model (8,13%).

Sementara itu, saat konsumen berencana membeli smartphone, mayoritas konsumen (77,5%) mengakui bahwa mereka lebih dulu mencari informasi lewat browsing di internet. Selanjutnya, diikuti dengan bertanya pada rekan atau kerabat mereka tentang spesifikasi smartphone (38,8%) serta mengunjungi berbagai gerai atau toko yang menjual smartphone (34,9%).

Bicara soal spesifikasi smartphone yang diinginkan, terang Suryo, 60,8% menginginkan ukuran 4,1 hingga 5 inchi. Soal berat ponsel, ternyata 61,7% responden menginginkan berat ponsel 120-130 gram. Adapun Operating System (OS) yang diinginkan adalah Android, sebesar 86,6%. Soal jenis RAM yang paling diinginkan adalah 2GB (49%) dan 4GB (38%).

Bagaimana dengan kapasitas penyimpanan internal? Dari hasil survei tersebut terungkap bahwa 31,1% responden menginginkan kapasitas 16GB dan 26,8% menginginkan kapasitas internal 32GB. Selanjutnya, ucap Suryo, jumlah simcard yang diharapkan mayoritas responden (71,3%) adalah dual simcard.

Kebiasaan orang Indonesia yang suka selfie atau narsis, membaut 87,1% responden menginginkan sepesifikasi kamera depan sebesar 5MP. Adapun untuk melengkapi konektivitas smartphone, sebanyak 78% memilih fasilitas WiFi, mobile hotspot 32,5%, Bluetooth 30,1%, near field communicaiton 19,6%, dan hanya 1% yang mengutamakan 4G.

Fitur fast charging ternyata sangat diminati oleh konsumen Indonesia. “Terbukti, lebih dari 30% responden bersedia memberikan biaya tambahan antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk smartphone yang memiliki fitur fast charging,” lanjut Suryo.

Berangkat dari temuan itulah, maka ADVAN siap meluncurkan produk barunya, ADVAN G1. “Spesifikasi yang kami hadirkan pada produk ADVAN G1 akan selaras dengan hasil temuan tersebut. Rencananya, kami akan luncurkan pada hari kemerdekaan RI, 17 Agustus,” tutup Andy.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Strategi Datsun Manfaatkan Festive Season

Menyambut festive season 2016, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun perkenalkan program penjualan dan layanan purna jual khusus pada...

Close