Konsumsi Konten Tumbuh Siginfikan di Sepanjang Ramadhan 2017

Ramadhan tak hanya memicu pertumbuhan konsumsi produk, namun konsumsi konten berita di media online juga turut meningkat. UC News sebagai salah satu produk dari UCWeb Inc.– bisnis dalam Alibaba Mobile Business Group yang menyajikan konten berita pilihan dan terpopular yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia di perangkat mobile mereka—juga merasakan pertumbuhan kinerja yang signifikan pada Ramadhan tahun 2017 ini.

Laporan Konsumsi Konten Mobile Selama Ramadan yang dirilis UC News pada awal Juli ini mengungkapkan bahwa total tampilan halaman selama bulan Ramadan meningkat sebanyak 10% dibandingkan hari biasa. Rata-rata tampilan halaman tiap pengguna juga meningkat sebanyak 13,55% pada periode yang sama.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa kenaikan konsumsi bukan hanya terjadi untuk konten yang berhubungan dengan religi atau agama, namun juga pada konten yang berhubungan dengan mode, humor, dan gaya hidup. Pada kategori Religi, kenaikannya mencapai 479,36%. Sementara itu, pada kategori Inspirasi naik 162%, Fashion tumbuh 88,97%, Komedi naik 59,73%, dan Gaya Hidup tumbuh 44,06%.

Ditegaskan Donad RU, General Manager UCWeb Indonesia, “Sebenarnya pertumbuhan rata-rata tampilan halaman tiap pengguna sejalan dengan pertumbuhan rata-rata konsumsi harian pengguna di UC News. Pada bulan Maret lalu, kami menemukan bahwa pengguna menghabiskan sekitar 20 menit setiap harinya untuk mengakses konten UC News. Bulan Ramadan sepertinya menjadi bulan dengan lebih banyak konsumsi konten, dengan bertambahnya waktu baca menjadi 26 menit di bulan Juni, naik sebesar 30% dari biasanya.”

Temuan lainnya, UC News menjumpai bahwa puncak konsumsi konten mobile pada saat Ramadhan adalah pada pukul 04.00 pagi, yang merupakan waktu Sahur. Di malam hari, puncak waktu konsumsi juga bergeser, dimana pada hari biasa terjadi pada pukul 20.00, menjadi pukul 19.00, sekitar waktu berbuka puasa di bulan Ramadan.

Sementara itu, selagi masyarakat Indonesia mencoba untuk mengurangi aktivitas fisik untuk menjaga energi di bulan suci Ramadan, mereka terlihat lebih aktif dalam hal lainnya--mereka lebih banyak memberikan “Like” pada konten yang mereka konsumsi dan juga lebih aktif untuk menunjukkan dan bertukar opini. Laporan ini menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia 10,13% lebih aktif untuk menekan tombol “Like”, memberikan komentar dan berbagi konten yang mereka konsumsi selama bulan Ramadan, dibandingkan periode normal.

Lantas, kota mana yang paling tinggi tingkat pertumbuhan konsumsi kontennya di sepanjang Ramadhan 2017? Posisi pertama ditempati oleh Sumatra Utara dengan pertumbuhan sebesar 225,6%. Selanjutnya, diikuti oleh Jakarta yang naik 10,35%, Jawa Barat tumbuh 7,53%, Jawa Timur naik 7,2%, dan Jawa Tengah tumbuh 4,57%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Soundrenaline 2017 Ajak Penikmat Musik Jadi Volunteer

Menggelar program berkelanjutan, sejatinya menjadi salah satu strategi kunci dari sebuah brand. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, program yang berkelanjutan itu...

Close