Mencermati Perilaku Wisatawan Millennial

Meski daya beli konsumen Indonesia dalam beberapa tahun terakhir masih menunjukkan penurunan lantaran kondisi ekonomi masih belum membaik, namun perjalanan wisata ke luar negeri dari Indonesia justru meningkat 33%. Demikian data yang dirilis Visa Global Travel Intention Survey 2015. Berbagai hal yang perlu dipertimbangkan marketers ketika hendak berkomunikasi dengan generasi millenial Bahkan, rata-rata anggaran perjalanan wisatawan Indonesia meningkat sebesar 30% dari tahun 2013-2015. Terbukti, pengeluaran untuk wisata meningkat dari US$ 28,9 miliar pada tahun 2010 menjadi US$ 37,7 miliar pada tahun 2014 (www.wttc.org). Fakta lain yang menarik untuk dicermati adalah segmen wistawan yang lahir tahun 80 dan 90-an, atau biasa disebut wisatawan Millennial. Ternyata, karakter dari wisatawan millennial adalah gemar mencari pengalaman yang lebih baru, termasuk wisata petualangan, eksplorasi ke kutub, dan perjalanan darat (road trips). Para wisatawan Millennial mengaku bahwa pilihan mereka mencari pengalaman wisata yang unik, baru, otentik dan personal adalah untuk membuat mereka berbeda dengan rekan-rekannya. Merujuk data Singapore Tourism Board baru-baru ini, 31% wisatawan Millennial Indonesia cenderung mengambil liburan secara mendadak. Sementara, hanya 19% rata-rata wisatawan Millennial Asia cenderung mengambil liburan secara mendadak. Wisatawan Millennial Indonesia juga sering terpengaruh oleh pengalaman orang lain. Hal itu terjadi di seluruh jaringan sosial baik offline ataupun online. Begitu juga forum-forum online dan situs-situs review. Masih menurut hasil studi Singapore Tourism Board, wisatawan Millennial Indonesia mengandalkan informasi dari mulut ke mulut mengenai tujuan wisata mereka. Selanjutnya, wisatawan tersebut berbagi pengalaman wisatanya melalui media sosial mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 thought on “Mencermati Perilaku Wisatawan Millennial”

Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat. Tempat-tempat yang bagus di Indonesia sebenarnya banyak yang belum tereksplorasi untuk diolah menjadi tempat wisata. Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.
by Sekolah Pariwisata Yogyakarta, 06 Sep 2016, 09:15

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Read previous post:
Tambah Jaringan Distribusi, Elevenia Gandeng RPX

Dalam rangka memudahkan mitra seller sekaligus pelanggan, e-commerce Elevenia resmi menggandeng jasa logistik RPX yang juga sudah resmi bermitra dengan...

Close