Mobile Diprediksi Akan Menjadi Kanal Utama Piala Dunia 2018

Perhelatan bergengsi yang senantiasa menyedot animo massa, Piala Dunia 2018, diprediksi akan lebih banyak diakses melalui telepon selular (ponsel), terutama melalui aplikasi. Artinya, jika Piala Dunia 2014 di Brazil ditandai oleh Social Media, maka Piala Dunia 2018 akan ditandai oleh selular (mobile). Bahkan, mobile akan menjadi kanal utama di Piala Dunia tahun ini.

Hal itu dibuktikan dengan hasil studi global yang dirilis App Annie baru-baru ini. Studi yang dilakukan pada pertengahan tahun 2017 tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 80% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan tablet dan smartphone mereka untuk mencari status pemain dan untuk memutar ulang video penting (second screening) pada program olahraga dunia, seperti event Piala Dunia, Olimpiade, maupun Super Bowl.

Sementara itu, 30% pendukung melakukan streaming acara olahraga pada perangkat selular mereka, karena memungkinkan mereka untuk menonton permainan dan acara dengan persyaratan atau ketentuan mereka sendiri. Bahkan, rata-rata pengguna selular menghabiskan hampir tiga jam sehari untuk membuka aplikasi pada tahun 2017. Angka ini bahkan lebih tinggi pada pasar negara berkembang seperti Indonesia dan Meksiko.

Tingginya penggunaan aplikasi pada acara-acara olahraga juga dibuktikan dengan jumlah orang yang mengundung aplikasi Piala Dunia sebelumnya. Pada Piala Dunia 2014 misalnya, aplikasi resmi FIFA telah diunduh sebanyak 18 juta kali. Dan, tak kurang 280 juta orang telah dijangkau secara online dengan konten khusus Piala Dunia.

Bukti lainnya adalah jumlah penonton online Super Bowl 2018 yang meningkat sebesar 45% dari tahun 2017 ke tahun 2018. Sedangkan Olimpiade Musim Dingin 2018, telah  di-streaming oleh dua kali lipat orang dibandingkan dengan tahun 2014.

Temuan menarik lainnya adalah terjadinya peningkatan besar terhadap aplikasi Food Delivery and Ride-Sharing pada saat acara kumpul-kumpul kegiatan olahraga. Studi App Annie menjumpai adanya peningkatan porsi pemasangan iklan dalam aplikasi yang dilakukan oleh aplikasi ride sharing terkemuka di Amerika saat minggu-minggu menjelang, minggu Super Bowl, dan upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018.

Oleh karena itu, kombinasi dari lokasi dan data penggunaan aplikasi dapat digunakan oleh pemasar dalam penargetan kampanye. Dan, merek yang mensponsori Piala Dunia atau mereka yang berusaha menangkap audiens yang tertarik dengan turnamen, harus menggunakan kesempatan yang ditawarkan selular kepada mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)