Indonesia Most Experiential Brand Activation Award 2017: Bright Gas “#ThinkPink Homemade Cooking”

Best of The Best Brand Awareness & Education Activation

Indonesia's Most Experiential Brand Activation 2017

Pertamina menggelar kampanye “#ThinkPink Homemade Cooking” untuk mengajak masyarakat menengah atas menggunakan Bright Gas, yakni tabung gas 5,5 kilogram. Target sasaran kampanye ini adalah wanita karier berusia 25-45 tahun yang tinggal di apartemen.

Ide kampanye #ThinkPink adalah untuk menciptakan korelasi audience dan mengasosiasikan warna produk (pink) dengan cinta, keluarga, kasih sayang, dan masakan rumah. Tube display lebih menarik dengan adanya #ThinkPink campaign. Bright Gas mengajak keluarga baru, terutama ibu muda untuk menjadi lebih inovatif dalam memilih produk. Konsep kampanye adalah perpaduan antara digital activation dan on ground activation.

Di tataran digital activation, kampanye memanfaatkan platform digital yang dikemas dalam kontes foto. Peserta yang mengikuti kompetisi diharuskan mem-posting foto masakan dan resep ke digital social media dengan hashtag #ThinkPink, #Brightgas, dan #HomeMadeCooking.

Untuk menciptakan brand expereince, para peserta mengungkapkan cerita memori tentang masakan buatannya dan menceritakan kepraktisan menggunakan Bright Gas ke media digital. Tujuannya untuk menciptakan pemikiran dan membangun kepercayaan, bahwa memasak memakai Bright Gas jauh lebih aman (safety cooking) dan membuat setiap hidangan memiliki memori tersendiri untuk setiap orangnya.

Peserta yang mendapatkan likes terbanyak berhak menjadi juri di on ground competition dan resep masakannya akan dijadikan sebagai salah satu resep yang dimasak langsung oleh para peserta di tahap on ground activation. Berdasarkan likes terbanyak, terdapat 10 finalis yang kemudian di upload di Instagram @BrightGas untuk di vote menjadi 5 besar.

Tahap on ground activation diselenggarakan pada Oktober-November 2016 di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Medan, dan Yogyakarta. Para ibu rumah tangga sangat antusias untuk mengikuti event, tercermin dari jumlah peserta yang sangat banyak. Peserta dibagi menjadi lima grup di mana masing-masing grup berkompetisi memasak 1 resep dari 5 resep yang berasal dari pemenang kompetisi foto dan resep digital activation.

Di samping kompetisi memasak, event on the ground menyuguhkan edukasi tetang keunggulan tabung Bright Gas. Tabung gas pink ini selain sangat pas untuk memenuhi kebutuhan memasak di rumah yang simple dan ruang yang minimalis, juga praktis digunakan karena sangat portabel, sehingga ibu dapat mengganti tabung gas tanpa perlu dibantu.

Alhasil, kampanye #ThinkPink Homemade Cooking” sukses mendongkrak penjualan produk. Ditenggarai dari peningkatan fanpage di Facebook sebesar 2,463 fans, follower Instagram @brightgas menjadi 11.500, serta peningkatan follower akun Twitter @brightgas menjadi 908 yang terhubung dengan Instagram dan Facebook.

Sementara result terhadap sales dan brand awareness antara lain penjualan Bright Gas meningkat sebesar 4,571 YTD, kenaikan pada brand equity dari 0,45 menjadi 0,93, kenaikan yang signifikan pada brand awareness Bright Gas sebesar 25% selama Juli-Agustus 2016 menjadi 48% pada Oktober-November 2016.

Mengomentari kampanye ini, juri Adi Wijaya mengungkapkan kampanye #ThinkPink sangat catchy dan efektif untuk mengasosiasikan dengan Bright Gas yang memiliki tabung pink, “Event ini membuktikan bahwa upload kreasi resep masakan dan cooking contest yang dikemas dengan support digital campaign yang komprehensif menghasilkan event yang "bunyi" baik di on ground maupun digital,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ramaikan Industri Co-Working Space, Apa Diferensiasi yang Ditawarkan Avenue8?

Tahun 2016, jumlah startup (perusahaan rintisan) di Indonesia mencapai 2.000. Angka itu tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara. Pada tahun...

Close