Cara Telkom Group Membangun Ekosistem Digital

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. kembali menggelar program tahunan "Digi Summit Telkom Group 2017". Program yang dihelat pada 22-23 November 2017 di Jakarta tersebut merupakan dukungan Telkom terhadap pengembangan ekosistem digital di Indonesia. Pada kesempatan itu, Telkom juga melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama dengan beberapa mitra lokal dan internasional. Selain itu, Telkom juga memperkenalkan sejumlah layanan digital terbarunya kepada masyarakat.

Dikatakan Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun, “Telkom mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini juga sejalan dengan visi Telkom untuk menjadi the King of Digital in the Region."

Lebih lanjut David menjelaskan bahwa Digi Summit tahun ini mengusung tema “Engage Today to Shape Tomorrow”. Melalui tema tersebut, Telkom mengajak mitra dan pelanggan untuk berkolaborasi membangun dan mengembangkan layanan digital yang dibutuhkan saat ini dan masa depan dalam era transformasi digital.

"Kolaborasi Telkom dengan mitra diharapkan dapat menghasilkan layanan digital terbaik bagi masyarakat dan perusahaan di Indonesia. Semua layanan digital ini harus memberikan manfaat yang luas, baik bagi perusahaan dan bangsa, sehingga Ekosistem Digital akan tercipta untuk mewujudkan pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Sejumlah pembicara pakar dihadirkan pada program Digi Summit TelkomGroup 2017. Mulai dari praktisi, regulator, hingga konsultan, baik dari dalam maupun luar negeri. Sebut saja, Direktur Bank BRI Indra Utoyo, CEO Cellum International DR Janos Koka, CEO Lotus Flare Sam Gadodia, Direktur Digital Finance Innovation dan Micro Finance Development Group OJK Fithri Hadi, dan juga pimpinan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo RI) yang membahas topik yang sedang hangat saat ini, yaitu Fintech dan Big Data.

Sementara itu, demi mengembangkan layanan digital bagi pelanggan perorangan seperti game, video, music hub, serta browser, Telkom akan men-deliver layanan tersebut melalui anak perusahaan Melon dan Metranet yang didukung mitra penyedia platform and konten. "Melalui Metranet, anak usaha Telkom dengan bisnis alat bayar game, Telkom menggandeng Agate sebagai mitra yang akan membangun ekosistem game dan juga publisher game international seperti GameLoft dan Garena," lanjutnya.

Selanjutnya, untuk membangun entertainment hub, Telkom juga akan membangun video hub berbasis advertising dan subscription dengan menggandeng beberapa mitra penyedia konten video dan musik. Di antaranya, HOOQ, Muvinow, Goers, dan Finnet untuk memudahkan pembayaran pengguna.

 

Layanan Digital Terbaru Telkom

Dalam rangkaian program Digi Summit 2017 ini, Telkom memperkenalkan beberapa layanan digital baru. Untuk segmen enterprise, diperkenalkan layanan “xooply” dan xsight. Dijelaskannya, Xooply merupakan platform B2B Marketplace yang akan memberikan kemudahan kepada perusahaan untuk melakukan transaksi secara online (e-commerce).

"Xooply.com nantinya merupakan platform B2B e-Marketplace pertama yang mengagregasikan kebutuhan pengadaan maintenance, repair, and operations (MRO) dari BUMN, BUMD dan K3S. Dalam plaform ini, kemitraan B2B antara pembeli dari BUMN/D dan K3s dengan penyedia barang disolusikan dengan inovasi teknologi e-procurement terkini sehingga pengadaan barang dapat lebih efektif, efisien, dan transparan," urainya.

Saat ini, lanjutnya, pelanggan enterprise dan developer juga dapat memanfaatkan analitik Big Data dan API Telkom yang bisa diakses secara online dan self-service melalui layanan web “Xsight”. Layanan tersebut dapat mempermudah keputusan bisnis perusahaan dan juga membantu developer membangun aplikasinya.

Di bidang advertising, melalui layanan “Aim Right”, Telkom berupaya memudahkan pelanggan korporasi untuk mengirimkan informasi produk berbagai format melalui aplikasi telepon selular kepada profil pengguna sesuai target penerima informasi. Layanan “Xooply”, ‘Xsight”, dan “Aim Right” ini akan dapat dinikmati pelanggan pada Desember 2017 mendatang.

Selanjutnya, demi memberikan pengalaman Like Never Before untuk anak-anak dan keluarga Indonesia, Telkom telah siap menyediakan USearch, browser terkini yang dikustomisasi untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, cybercrime, rasis, dan konten-konten negatif lainnya.

Telkom juga memperkenalkan HOOBEX dan OONA yang merupakan layanan “Twin OTT Platform” untuk entertainment. :Hoobex akan memanjakan pelanggan dengan layanan video dan music premium dengan cara berlangganan. Layanan ini dilengkapi dengan OONA yang akan memiliki puluhan atau ratusan kanal TV/linear channel yang bisa dinikmati pelanggan secara gratis dan berbasis programmatic advertising," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
XL Future Leaders Disiapkan Menjadi Program Berskala Internasional

Sejak PT XL Axiata Tbk. membuka pendaftaran program “XL Future Leaders” sekuel keenam pada sepanjang April-Mei 2017, lebih dari 12.500...

Close