Gandeng Pengrajin Batik, MKG Gelar "Pesona Batik Wastra Nusantara"

Memanfaatkan momentum Hari Batik Nasional, yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Mal Kelapa Gading (MKG) kembali menggelar event bertajuk "Pesona Batik Wastra Nusantara". Event ketiga kalinya yang digelar di MKG pada 26 September-7 Oktober 2018 itu menyajikan Bazaar Gallery Batik, Exhibition “Selendang Indonesia”, Batik Fashion Parade by Indonesian Designers, dan Craft Village.

Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading Tommy L. mengungkapkan bahwa event MKG ini terus dihadirkan dengan objektif untuk makin memperkaya wawasan masyarakat akan wastra Indonesia, khususnya batik. "Kami berharap event ini juga dapat kian meningkatkan eksistensi industri lokal," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Bazaar Gallery Batik didukung oleh Adi Wastra Nusantara. Pada kesempatan itu, bazar batik yang dihadirkan menawarkan banyak variasi pilihan batik dengan kualitas terbaik dari para pengrajin pengusaha batik ternama, seperti Padi dari Jakarta, Pesona Batik Madura dari Madura, Canting Wira SRBY dari Surabaya, RPG Batik Sutera Garut dari Garut, Batik Cahyo dari Pekalongan, Batik Tatik Sriharta dari Solo, Galeri Batik Jawa dari Yogyakarta, dan masih banyak lainnya.

Salah satu kisah menarik dari Bazaar Gallery Batik datang dari salah satu pesertanya yaitu Batik Marunda yang merupakan produksi Batik Tiga Rusun, dimana koleksi batik-batik tersebut adalah hasil karya tangan Ibu-Ibu pembatik dari Rusun Rawa Bebek, Rusun Marunda, dan Rusun Besakih.

Filosofinya pun terbagi menjadi 3 proses, yaitu Proses Canting Batik dilakukan ibu-ibu dari Rusun Rawa Bebek, Proses Pencelupan Batik dilakukan oleh ibu-ibu dari Rusun Marunda, dan terakhir Proses Penyulaman dilakukan oleh ibu-ibu dari Rusun Besakih. "Awal mula kegiatan Batik Tiga Rusun ini adalah untuk dapat membantu ibu-ibu penghuni rusun, yang dulunya kebanyakan bekerja sebagai buruh cuci, bisa berkarya sekaligus mendapatkan penghasilan dari usaha membatik mereka," ceritanya.

Sementara itu, Batik Fashion Parade menampilkan fashion show koleksi batik dari para pengrajin dan pengusaha batik Indonesia dan desainer Indonesia ternama, di antaranya yaitu Purana Indonesia (29 September), Mahadevi (30 September), dan Handy Hartono (7 Oktober).

Adapun di Craft Village, pengunjung dapat mengikuti Craft & Ideas Workshop untuk belajar membuat kerajinan tangan sendiri. Kali ini Craft & Ideas Workshop menggandeng beberapa partner seperti Rumah Sanur dari Bali yang terkenal sebagai creative hub di Sanur, Wastra Loka dari Yogyakarta dengan ide kreatifnya mengaplikasikan motif wastra Nusantara pada media selain kain, dan Heart Lab dari Bali dengan kreasi unik menggunakan kertas daur ulang.

"Penampilan artis papan atas Indonesia, yakni Andien dan Angel Pieters juga akan meramaikan event ini. Bahkan, pengunjung juga dimanjakan dengan Shoppers Program, yaitu Shopping Rewards berupa voucher belanja sebesar Rp 50 ribu untuk setiap pembelanjaan minimum Rp 750 ribu di Bazaar Gallery Batik," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)