Indonesia Most Experiential Brand Activation 2017: Telkomsel Ekspedisi Langit Nusantara

Best of The Best Brand Image & Engagement Activation

Indonesia's Most Experiential Brand Activation 2017

Melalui program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa), Telkomsel ingin menguji kekuatan jaringan broadband 3G dan 4G di kota-kota yang dilalui dua pesawat drone. Selain itu, program ini juga merupakan bagian dari usaha Telkomsel untuk menangkap ‘keindahan’ Nusantara dari berbagai sisi, seperti keindahan alam, kearifan lokal, dan perkembangan industri lokal berkat pemanfaatan teknologi mobile broadband. Dengan teknik tersebut, pesan utama Telkomsel sebagai jaringan terluas dan minimal blankspot di Indonesia menjadi lebih mudah disampaikan.

Dalam eksekusinya, Telkomsel menyiapkan ekspedisi dua buah drone besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 m diterbangkan secara bersamaan dan menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 km. Selama program, kedua drone merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.

Dengan menggunakan teknologi drone yang sedang marak dan populer untuk menguji kualitas jaringan, para juri Brand Activation Award 2017 menyanjung konsep program Ekspedisi Langit Nusantara ini. Juri Adi Wijaya berkomentar bahwa program ini merupakan event yang spektakuler dengan perjalanan pesawat drone terbesar dan terjauh. “Ini merupakan event dengan 360 degrees komunikasi yang lengkap dan memiliki PR value yang tinggi,” ucapnya.

Selama berjalannya program Elang Nusa, Corporate Communications Pusat dan Area rutin mengadakan press conference serta menyiapkan press release yang terus meliput perkembangan perjalanan kedua drone Elang Nusa dari sejak inauguration flight di Sabang dan Merauke, on ground activities di 8 city stops yang dilalui oleh kedua drone (Elang Barat: Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta, Malang; dan Elang Timur: Makassar, Banjarmasin), hingga drone landing flight di Bali.

Untuk meliput program Elang Nusa, Telkomsel memanfaatkan seluruh jenis media, baik media online, media cetak, mau pun media sosial. Dalam program tersebut, Elang Nusa berhasil menarik perhatian lebih dari 24 juta views di microsite-nya, di mana 90% diakses dari Indonesia dan 10% dari luar negeri. Hal ini menunjukkan program berhasil menjadi bagian dari promosi keindahan alam Indonesia, sesuai dengan pernyataan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya yang menyebut program Eksepedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) yang digagas Telkomsel sebagai ekspedisi destinasi wisata terbesar yang pernah dilakukan.

Menteri Pariwisata juga tertarik untuk menggunakan hasil pencitraan Elang Nusa untuk digunakan sebagai materi promosi wisata Indonesia kepada dunia dan mendukung program Wonderful Indonesia. Seminar-seminar yang diadakan sebagai bagian dari ground events juga berhasil memberikan inspirasi bagi komunitas-komunitas lokal untuk semakin memberdayakan teknologi mobile broadband untuk perkembangan usaha mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Kampanye Gaya Hidup Sehat ala Frisian Flag

Sebagai perusahaan yang memproduksi produk-produk gizi berbasis susu, Frisian Flag Indonesia memiliki komitmen untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya bergaya hidup...

Close