Kampanye Sarapan Sehat dan Praktis ala McDonald's

Masih rendahnya tingkat kesadaran orang Indonesia untuk sarapan mendorong restoran cepat saji McDonald's melahirkan inisiatif yang sifatnya mengajak masyarakat untuk menjadikan sarapan sebagai kegiatan keseharian. Inisiatif tersebut diwujudkan melalui kampanye “National Breakfast Day”.

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengungkapkan bahwa kampanye “National Breakfast Day” sebenarnya adalah program regional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya di berbagai negara, termasuk Indonesia. “Di Indonesia sendiri, program ini sudah berlangsung sejak 2013 lalu. Setiap tahunnya, kami selalu menggelar program National Breakfast Day di bulan Maret,” paparnya.

Diakui Sutji, sejak dua tahun lalu, program “National Breakfast Day” sudah tidak lagi menjadi program regional. Artinya, program tersebut sudah tidak lagi digelar di kawasan regional. “Namun, mengingat kesadaran untuk sarapan di Indonesia masih rendah, maka kami merasa perlu untuk melanjutkan edukasi sekaligus mengajak masyarakat untuk membiasakan sarapan setiap pagi. Oleh karena itu, McDonald's Indonesia masih tetap menggelar program tersebut hingga sekarang,” tandasnya.

Pada Maret tahun ini misalnya, McDonald's Indonesia kembali menggelar “National Breakfast Day” untuk yang keenam kalinya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagai agenda utama, McDonald's akan membagikan menu sarapan yang dipunyai McDonald's secara gratis kepada masyarakat.

“Tahun ini, kami akan membagikan salah satu menu sarapan kami, Chicken Muffin, di 167 restoran McDonald's di Indonesia. Setiap restorannya, kami akan membagikan 1.000 Chicken Muffin. Pembagian sarapan secara cuma-cuma itu akan dimulai serentak di seluruh Indonesia pada pukul 06.30 hingga 11.00 pagi waktu setempat,” paparnya di sela-sela Press Conference McDonald's Indonesia pada hari ini (9/3) di Jakarta.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Chicken Muffin merupakan menu yang berisikan setangkup English Muffin hangat yang dilapisi saus mayonnaise dengan daging ayam olahan yang digoreng sempurna. Soal gizi, menurutnya, Chicken Muffin memiliki kandungan gizi yang cukup dan bahan-bahan-bahan yang berkualitas. “Selain mampu menjadi sarapan sehat, Chicken Muffin juga menjadi sarapan praktis bagi mereka yang aktif dan dinamis, dengan harga yang affordable,” tuturnya.

Sejatinya, sarapan sehat menjadi penting, mengingat data Riset Kesehatan Dasar 2010 mengungkapkan bahwa 44,6 persen anak usia sekolah di Indonesia belum berperilaku sarapan sehat, alias masih mengonsumsi sarapan berkualitas rendah.

Selain bagi-bagi gratis Chicken Muffin, ia menambahkan, McDonald's juga memberikan 100 lembar kupon free additional (Free Add On) bagi para target konsumen yang belum pernah mengkonsumsi menu sarapan McDonald's—baik menu Muffin, Hot Cakes, hingga Big Breakfast. Kupon tersebut dapat digunakan pada 10-11 Maret 2018, mulai pukul 11.00 hingga 21.00. Selain itu, ada juga promo untuk menu Hash Brown dan Kopi/Teh.

Free Add On tersebut dalam bentuk e-Coupon dengan menunjukkan screen shoot/tampilan layar handphone game “TANGKAP MUFFINMU” pada media sosial McDonald's Indonesia. “Program National Breakfast Day juga menjadi cara kami dalam memperkenalkan menu-menu sarapan McDonald's,” ia menegaskan.

Agenda lain yang juga digelar McDonald's dalam rangkaian program National Breakfast Day adalah menebarkan semangat sarapan keapda komunitas atau organisasi yang bekerja melayani publik. “Kami akan membagikan gratis Chicken Muffin kepada pegawai Commuterline, Trans Jakarta, Guru TK dan SD, polisi, pasukan Orange, para satuan keamanan, hingga sopir taksi Blue Bird. Langkah ini kami lakukan karena kami menyadari bahwa rekan-rekan petugas pelayanan publik seperti mereka memiliki peran besar pada kelancaran aktivitas masyarakat di pagi hari,” pungkasnya.

Hasilnya? Dijawab Sutji, program National Breakfast Day disambut positif oleh market. “Terjadi peningkatan sarapan di gerai-gerai McDonald's. Hal itu dapat dibuktikan dari kenaikan transaksi untuk menu-menu sarapan McDonald's,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)