Khong Guan Tingkatkan Kompetensi Pemasaran Siswa SMK

Dukungan sekaligus kepedulian Khong Guan akan segmen millennial di Tanah Air diwujudkan lewat program “Khong Guan SMK Jago Jualan 2018”. Program yang dihelat produsen biskuit ternama itu memiliki objektif untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK terkait keahlian pemasaran maupun penjualan.

Dijelaskan Dedy Budiman selaku Penanggung Jawab Program “Khong Guan SMK Jago Jualan 2018”, dipilihnya SMK karena selama ini SMK merupakan salah satu pilihan bagi para siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka. “Biasanya para siswa yang sudah memilih SMK dapat langsung terjun ke industri. Untuk itu, program realisasi pemasaran secara komprehensif dengan menggandeng pelaku bisnis pada dunia nyata ini dirancang dan dibuat oleh Khong Guan untuk para siswa SMK,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa para peserta program adalah siswa dan siswi kelas X - XII Kompetensi Keahlian Pemasaran dalam bentuk kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 12 orang siswa. “Setiap sekolah dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya kelompok untuk mengikuti kegiatan Khong Guan SMK Jago Jualan 2018,” imbuhnya.

Setiap peserta program wajib mendaftarkan kelompoknya (melakukan registrasi) ke website www.smkjagojualan.com. Registrasi sudah dibuka sejak 14 Februari hingga 10 Maret 2018. “Total team yang sudah mendaftar untuk program ini sudah mencapai 242  tim,” katanya.

Sementara itu, menurut Dedy, panitia yang terdiri dari para mentor akan melaksanakan sosialisasi program ke SMK-SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran di 23 kota di Indonesia. Pada kesempatan itu, panitia memberikan penjelasan singkat kepada para siswa yang akan berpartisipasi mengenai teknik penjualan dan sebagainya.

Selama masa kompetisi, dijelaskan Dedy, peserta akan terus dibekali dengan pelatihan secara online class via Facebook serta pendampingan oleh masing-masing mentor pada kota masing-masing. Selain itu, mereka juga senantiasa disemangati dan diberikan tips-tips maupun strategi mengenai marketing dan penjualan.

“Kompetisi Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 ini terbagi menjadi 3 tahap sebelum Grand Final yang dilakukan di Jakarta. Untuk Kompetisi Tahap Pertama, akan dimulai dari tanggal 12 Maret hingga 12 Mei 2018 dengan kriteria penilaian yang meliputi omset penjualan, presentasi produk, keaktifan dan kreativitas pemanfaatan social media, serta penilaian dari tim panitia selama event berlangsung,” ujarnya.

Tentu saja selama kompetisi berlangsung, peserta diwajibkan melakukan reporting dan upload photo aktivitas yang dilakukan ke social media (Facebook dan Instagram) dengan menampilkan hashtag #JualanKalengMerah #KhongGuan #SMKJagoJualan dan Apps yang telah disediakan oleh panitia Khong Guan SMK Sales Award 2018.

Selanjutnya, kompetisi Tahap Penjualan Tahap Kedua akan dilakukan pada 15 Mei hingga 30 Juni 2018 dengan kriteria omset penjualan, kreativitas, dan keaktifan pemanfaatan social media serta penilaian dari team panitia selama event berlangsung.

“Penilaian kualifikasi Tahap Kedua akan dilangsungkan setelah tanggal tersebut, dan hasil kelompok yang memenuhi kualifikasi babak 10 besar akan diumumkan via Website www.SMKjagosales.com. Kesepuluh finalis yang terpilih akan mewakili kota/propinsi dan bersaing menuju Tahap III dan Grand Final,” imbuhnya.

Untuk selanjutnya, Kompetisi Tahap Ketiga menjadi persyaratan utama memasuki Grand Final Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 yang diselenggarakan pada 12 Agustus 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)