Program “Pertamina Fuel Lucky Swipe” Hasilkan Transaksi Non-Tunai Rp 300 Triliun

Memasuki akhir tahun ini (7/12), PT Pertamina (Persero) menggelar pengundian pemenang program “Pertamina Fuel Lucky Swipe” periode kedua di pusat belanja Lotte Shopping Avenue-Jakarta. Sebelumnya, pengundian sekaligus pengumuman pemenang “Pertamina Fuel Lucky Swipe” periode pertama telah dilakukan di kantor pusat Pertamina-Jakarta pada pertengahan tahun 2017 lalu.

Program “Pertamina Fuel Lucky Swipe” merupakan rangkaian dari “No Surcharge Program” untuk setiap transaksi non tunai di seluruh SPBU Pertamina. Program yang digelar secara nasional itu telah dihelat sejak awal tahun 2017 ini. Dikatakan Deny Djukardi, Commercial Retail Fuel Manager PT Pertamina (Persero), ada sejumlah alasan mengapa Pertamina menggelar program tersebut. Salah satunya adalah untuk menyikapi kondisi persaingan di bisnis ritel BBM (Bahan Bakar Minyak) yang belakangan makin ketat.

“Alasan lainnya adalah untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, karena mereka memiliki kebutuhan untuk memperoleh layanan pembayaran BBM yang lebih mudah, simple, dan aman, yang notabene mengerucut pada cashless atau non tunai,” ia menjelaskan.

Selain itu, program “Pertamina Fuel Lucky Swipe”, ditegaskan Deny, juga merupakan wujud komitmen sekaligus dukungan Pertamina dalam membantu pemerintah mensukseskan Gerakan Non Tunai. “Tahun ini, target pemerintah untuk Gerakan Non Tunai bisa mencapai 20%,” terangnya.

Dalam program tersebut, Pertamina menggandeng tiga bank BUMN, yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Oleh karena itu, program “Pertamina Fuel Lucky Swipe”, ditegaskan Deny, juga menjadi wujud nyata dari sinergi BUMN. “Melalui program ini, konsumen dapat bertransaksi non tunai di seluruh SPBU Pertamina dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang diterbitkan oleh Bank Mandiri, BNI, dan BRI,” ucapnya.

Dengan bertransaksi non-tunai di SPBU Pertamina selama program “Pertamina Fuel Lucky Swipe” periode kedua berlangsung, diuraikan Deny, konsumen berkesempatan memperoleh aneka hadiah istimewa, seperti 6 unit mobil Toyota Sienta type G CVT dengan gratis BBM setahun, 9 unit motor Yamaha N-Max dengan gratis BBM selama setahun, 24 pemenang gratis BBM periode 1 tahun, dan 15 unit iPhone 7.

Diakui Deny, program “Pertamina Fuel Lucky Swipe” tercatat efektif dalam mendongkrak transaksi non tunai di SPBU Pertamina. Jika sebelum program transaksi non tunai hanya mencapai 3%, maka pasca program, transaksi non tunai mampu naik menjadi 8%. “Nilai transaksinya selama setahun ini pun tercatat sangat tinggi, yakni sebesar Rp 300 triliun,” ucapnya.

Berangkat dari kesuksesan program tersebut, dituturkan Deny, tahun depan Pertamina akan kembali menggelar program terkait transaksi non tunai maupun digital. “Kami akan menggelar program seperti 'Pertamina Fuel Lucky Swipe'. Tentu saja, dengan konsep dan format yang jauh lebih semarak. Dengan demikian, kami optimis dapat mencapai target pemerintah di tahun depan untuk menciptakan transaksi non tunai sebesar 20%,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Agung Laksamana Kembali Dipercaya Menjadi Ketua Perhumas

Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) kembali memilih Agung Laksamana sebagai Ketua Perhumas Periode 2017-2020. Agung terpilih dalam Konvensi Nasional Perhumas...

Close