Take And Give Kompas dan Pengiklannya di KTF

Business Challenge

Merujuk data World Travel & Tourism Council (WTTC) 2016, sektor pariwisata Indonesia memberikan kontribusi 10% kepada total Product Domestic Bruto (PDB) dan pada 2019 sektor pariwisata ditargetkan dapat menyumbang 15% PDB. Hal ini sejalan dengan bergesernya pandangan dan gaya hidup masyarakat dalam berwisata.

Saat ini faktanya berwisata sudah menjadi kebutuhan dan bagian dari gaya hidup masyarakat. Dengan semakin majunya teknologi transportasi, jarak tidak lagi menjadi kendala bagi seseorang untuk berkeliling dan menjelajahi dunia.

Hal itulah yang melatarbelakangi diselenggarakannya Kompas Travel Fair (KTF) 2018. Menurut Lukas Widjaja, Direktur Bisnis Harian Kompas, event ini diharapkan dapat mendukung industri pariwisata nasional dan mancanegara. “Melalui penyelenggaraan KTF, kami juga ingin menjadi penghubung masyarakat dan industri pariwisata di Indonesia dan dunia,” paparnya.

Perusahaan agen perjalanan, maskapai penerbangan, bank (CIMB Niaga), destinasi wisata, dan sejumlah brand peralatan perjalanan menjadi peserta KTF 2018. Mereka juga adalah para pemasang iklan setia di Kompas. Menurut Diana Eka Puspitasari, Deputy General Manager Kompas, pihaknya ingin memfasilitasi para partner tersebut mendapatkan customer melalui kegiatan KTF 2018.

Kalau iklan, tidak bisa dihitung sejauh mana resultnya. Tapi kalau event, bisa diukur secara langsung melalui jumlah transaksi yang terjadi,” ujarnya. Inilah business challenge yang dihadapi sehingga pihaknya meng-create event secara optimal dengan menghadirkan semua pihak yang terkait industri pariwisata agar dapat menggaet banyak pengunjung dan pada akhirnya dapat mendongkrak transaksi yang diharapkan para partner. “KTF selama 7-9 September 2018 ini kami targetkan 40 ribu pengunjung dengan nilai traksaksi mencapai Rp102 miliar,” papar Diana.

Soal pengunjung, imbuhnya, sekitar 50% adalah pengunjung yang senang traveling. Dalam setahun, mereka (traveler) rata-rata tiga kali melakukan traveling, yakni sekali destinasi ke luar negeri dan dua kali tujuan domestik. Umumnya mereka sudah familiar dengan event ini karena KTF 2018 merupakan event ke-7 yang sudah berlangsung sejak 2012. Dipilih bulan September untuk menggelar event karena menjelang akhir tahun—pada bulan-bulan ini biasanya para traveler merencanakan perjalanan akhir tahun mereka.

Bank CIMB Niaga menjadi partner yang mendukung penyelenggaraan KTF selama lima tahun terakhir di Jakarta. Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji Djajanegara mengatakan, CIMB Niaga mendukung kemajuan industri pariwisata dengan menyediakan produk kartu kredit dan debit yang dilengkapi beragam program menguntungkan bagi para penggemar wisata.

Kami berharap penawaran yang kami berikan selama KTF 2018 dapat menarik minat para traveler merencanakan liburan yang berkesan ke berbagai destinasi wisata menarik di dalam dan luar negeri,” kata Pandji.

Insight & Activation

Memasuki gedung Jakarta Convention Center (JCC), tempat berlangsung event KTF 2018, seolah-olah menghadiri event promosi wisata. Pengunjung disuguhi berbagai promo wisata, mulai promo dari travel agent, maskapai penerbangan, perbankan, obyek wisata, hingga peralatan pendukung traveling. Setiap pengunjung yang datang ditawari paket wisata fantastis oleh salesman dan salesgirl sambil membagikan brosur yang berisi paket promo wisata.

Jor-joran promo. Pengunjung dimanjakan dengan paket promo wisata yang menggiurkan,” ujar Risman, salah seorang pengunjung yang datang bersama keluarga. “Semula ingin wisata domestik, tapi akhirnya pilih wisata ke Korea karena tiket penerbangannya murah,” kata Risman yang berprofesi sebagai pengusaha (entrepreneur).

Pengunjung pameran bisa mendapatkan penawaran terbaik tiket perjalanan dari multiple airlines seperti Garuda Indonesia, Citilink, ANA, Cathay Pacific, China Airlines, EVA Air, Ethiopian Airlines, Malaysia Airlines, Oman Air, Singapore Airlines, dan Qatar Airways. Promo tiket pesawat Jakarta – Kuala Lumpur (PP) misalnya, dibanderol mulai harga Rp178 ribuan dan Jakarta – Hongkong (PP) mulai harga Rp1,9 jutaan.

Tidak hanya itu, traveler yang berencana liburan ke Jepang pun bisa memanfaatkan promo tiket pesawat Jakarta – Tokyo (PP) mulai harga Rp3 jutaan. Selain itu, masih ada promo tiket pesawat Jakarta – Melbourne (PP) mulai dari Rp3,8 jutaan dan Jakarta – Los Angeles (PP) mulai Rp6,5 jutaan. “Promo yang ditawarkan sangat mengiurkan,” ujar Ny Andrea, pengunjung yang berencana traveling ke Eropa di akhir tahun.

Bagi para pengunjung yang ingin membeli paket wisata, KTF 2018 pun menawarkan berbagai paket menarik. Sebut saja, paket berlibur ke Korea selama 4 hari 3 malam, mulai harga Rp2,4 jutaan; paket Australia (4 hari 3 malam) mulai Rp2,9 jutaan; hingga paket wisata ke Afrika (9 hari 8 malam) mulai Rp14,2 jutaan. Tak ketinggalan juga, paket wisata Umroh 9 hari mulai harga Rp17,9 jutaan.

Bagi pengunjung Jakarta yang ingin berburu tiket wahana rekreasi, KTF 2018 juga memiliki penawaran serba Rp50 ribu untuk tiket masuk Taman Safari Indonesia di Cisarua, Jakarta Aquarium, Waterbom Jakarta, serta HOUBII Urban Adventure Park. Sedangkan di booth CIMB Niaga, pengunjung disuguhi promo cashback hingga Rp2 juta, cicilan 0% sampai 24 bulan, dan hemat hingga 50% dengan Poin Xtra.

CIMB Niaga berkolaborasi dengan berbagai strategic partner untuk melengkapi semua kebutuhan traveling, seperti program-program menarik dari Accor Group yang menyediakan akomodasi untuk semua kalangan, paket-paket perjalanan dengan biro perjalanan terkemuka, serta program spesial lainnya.

Pandji menambahkan, untuk memanjakan para penggemar traveling, CIMB Niaga juga memberikan sejumlah privilege spesial tambahan, diantaranya nilai tukar mata uang asing yang sangat kompetitif, akses ke fasilitas airport lounge di berbagai bandara terkemuka, hingga asuransi perjalanan untuk menambah kenyamanan nasabah dalam bepergian.

Event berlangsung meriah yang dielaborasikan melalui jor-joran promo dengan membagikan brosur kepada pengunjung. Para salesman dan salesgirl tampak sibuk “merayu” pengunjung agar mengambil paket wisata yang ditawarkan. Selama penyelenggaraan pameran, hampir semua booth peserta ramai dipadati pengunjung.

Selain di Jakarta, KTF 2018 juga diselenggarakan serentak di Surabaya, Medan, dan Makassar. Pameran travel yang menjadi salah satu signature event Harian Kompas diharapkan dapat mengantarkan dunia dan mewujudkan liburan impian kepada para pengunjungnya sesuai dengan taglineGet your best deals only at Kompas Travel Fair 2018. Let’s Travel more, explore more!

Result

Event KTF 2018 sukses menggaet para traveler. Meskipun dari sisi jumlah pengunjung menurun dibandingkan tahun sebelumnya—tahun ini jumlahnya 23.100 pengunjung, dari sisi nilai transaksi KFT tahun ini meningkat menjadi Rp101,21 juta. Tahun lalu KTF membukukan transaksi Rp93 miliar. Kenaikan ini lantaran awareness KTF sudah menancap erat di benak para traveler di Tanah Air. Namun dibandingkan target, nilai transaksi yang dicapai tahun ini agaknya kurang memuaskan. Kompas sejatinya menargetkan jumlah pengunjung KFT 35.000 dengan nilai transaksi Rp102 miliar di Jakarta dan total Rp138 miliar di seluruh daerah di mana KFT digelar. Kondisi perekonomian yang tidak terlalu kondusif agaknya yang menyebabkannya.

Event mampu menyuguhkan sensasi dan experience dengan jor-joran promo wisata. Experience tersebut kemudian disebarluaskan kepada publik melalui publikasi di media massa, blog, maupun sosial media Facebook, Twitter, Instagram oleh komunitas. Sehingga, terjadi amplitudo pesan dan edukasi tentang KTF kepada khalayak. Amplitudo pesan pun semakin luas karena event diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Menurut siaran pers KFT, Amerika, Taiwan, Jepang dan Hongkong merupakan destinasi manca negara yang paling diminati selama KTF 2018 di Jakarta. Sementara itu, Bangka Belitung dan Lasem menjadi tujuan wisata yang paling difavoritkan di dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)