4 Tips Memastikan Pengalaman Belanja Nyaman Lewat Ponsel

Oleh Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communications at Google Indonesia

Saat ini ponsel tidak lagi hanya digunakan sebagai alat untuk melihat-lihat produk atau jasa, tetapi kini  ponsel juga kerap digunakan untuk memesan produk atau jasa. Oleh karenanya, pengalaman belanja lewat ponsel yang praktis dan mudah sangatlah penting dalam menjaring pelanggan. Saat mengeklik iklan produk atau jasa, pelanggan berharap dapat menemukan informasi yang relevan dan proses transaksi yang mudah. Ketika pelanggan telah siap untuk membeli, pastikan website Anda siap untuk menyelesaikan transaksi. Berikut adalah tips Google untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan pengalaman belanja lewat ponsel:

  1. Pastikan halaman landing optimal

Halaman landing adalah halaman website yang dikunjungi pertama kali oleh pengunjung. Halaman landing bisa jadi kesempatan pertama atau terkahir untuk memikat calon pelanggan dengan tawaran menarik. Halaman landing juga adalah kesempatan untuk mengajak calon pelanggan mengambil langkah selanjutnya seperti memesan produk Anda. Oleh karenanya, halaman landing haruslah optimal dan memiliki desain yang responsif.

Sebaliknya, halaman landing yang sulit dibuka atau memiliki desain yang tidak rapi akan menyebabkan pengunjung keluar dari website Anda.  Kalau ingin tahu seberapa baik halaman landing website Anda bagi pengguna ponsel, Anda dapat mengeceknya sekaligus mendapat penjelasannya di sini.

Desain website yang baik akan memanjakan pengunjung website Anda dan mendukung konversi

  1. Persingkat waktu pemuatan halaman

Calon pelanggan yang mengunjungi website Anda akan segera meninggalkan website Anda jika pemuatannya terlalu lama. Bahkan, menurut studi Google, apabila tiga detik saja website Anda tidak responsif, calon pelanggan umumnya akan meninggalkan website Anda. Jika ini terjadi maka bukan hanya Anda dapat kehilangan calon pelanggan, tetapi citra merek Anda juga berpotensi tercoreng. Singkatnya, kecepatan halaman adalah hal yang harus diperhatikan dalam memastikan kenyamanan belanja pelanggan lewat ponsel

Untuk mengetahui seberapa cepat atau lambat waktu pemuatan halaman, Anda dapat mengeceknya di sini. Untuk mengetahui bagaimana caranya mempercepat pemuatan halaman, Anda dapat mempelajarinya di sini.

  1. Buang pop-up atau pengantara lainnya

Calon pelanggan akan menjadi kesal dan frustasi apabila mereka harus mematikan pop-up, mengisi registrasi yang panjang, atau menghadapi pengantara lainnya sebelum mereka dapat melanjutkan ke halaman landing produk Anda.

Selanjutnya, gambar produk dan deskripsi yang telah dipilih sebelumnya oleh calon pelanggan haruslah cocok antara iklan dan halaman landing produk. Konsistensi dan relevansi sebelum dan setelah klik akan menciptakan pengalaman yang lancar dan menyenangkan bagi pelanggan Anda.

  1. Mudahkan transaksi pembayaran

Ponsel saat ini tidak lagi menjadi sekadar alat riset bagi pembeli. Pelanggan kini merasa semakin nyaman melakukan pembelian langsung lewat ponsel. Ketika para pelanggan Anda siap membeli, pastikan mereka dapat bertransaksi secara cepat dan mudah.

Untuk para pelanggan setia Anda, pastikan informasi mereka tersimpan dengan baik dan aman, sehingga mereka tidak harus mengulang dari awal setiap kali mereka ingin membeli produk.

Untuk pelanggan baru, tawarkan layanan checkout sebagai tamu atau layanan checkout pihak ketiga yang mungkin mereka sering gunakan.

Pada intinya, setiap langkah yang Anda ambil untuk mempermudah proses transaksi akan semakin membuat pelanggan Anda nyaman memesan produk atau jasa dari Anda sehingga pada akhirnya menaikkan rasio konversi lewat ponsel.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)