Begini Strategi Coca-Cola Indonesia Melancarkan Kampanye Global "Taste the Feeling"

Setelah tahun lalu sukses mengkampanyekan "Share a Coke", tahun 2016 ini Coca-Cola kembali menggelar kampanye global barunya, "Taste the Feeling". Kampanye itu sekaligus menandai lahirnya strategi marketing baru Coca-Cola. Sebab, untuk pertama kalinya brand Coca-Cola, Coca-Cola Diet/Light, dan Coca-Cola Zero akan disatukan di bawah satu brand positioning Coca-Cola yang ikonik.

IMG_20160226_11419

Kampanye global “Taste the Feeling” sendiri digulirkan di seluruh dunia pada 2016 dan akan diimplementasikan dengan melalui berbagai elemen. Antara lain, 10 materi iklan TV; 100 lebih gambar (image); identitas visual yang baru; musik (anthem) dan bunyi khas (audio signature) yang baru; serta aktivitas digital yang interaktif dan sharable .

Bagaimana dengan Indonesia? Kampanye “Taste the Feeling” akan diadaptasi menjadi kampanye “Rasakan Momennya”. Souleymane Hamed, Marketing Director Coca-Cola Indonesia, mengungkapkan, "Kampanye Taste the Feeling merupakan kampanye global yang menggunakan pendekatan ‘bercerita’ (storytelling) mengenai momen-momen yang terjadi setiap hari untuk selalu terhubung dengan konsumennya di seluruh dunia. Coca-Cola percaya bahwa kebahagiaan tidak harus menjadi sebuah tujuan yang sulit untuk dijangkau. Sebaliknya kebahagiaan bisa hadir dari momen-momen kecil yang kita buat setiap hari. Ide kreatif utamanya terletak pada perayaan sebuah momen, di mana dengan kenikmatan sederhana dari meneguk sebotol Coca-Cola dingin akan membuat momen-momen itu terasa semakin spesial.”

Melalui kampanye itu, akan ada lima selebriti Indonesia yang terlibat. Sejumlah wajah mereka berkesempatan tampil sebagai campaign visual dan menjadi bagian dari global visual identity Coca-Cola, hingga bersanding dengan ratusan model internasional lainnya menghiasi visual dari kampanye “Taste the Feeling” di seluruh dunia.

Ditambahkan Suryanto Gunawan, Marketing Manager Coca-Cola Indonesia, “Beberapa dari mereka berkesempatan untuk bekerjasama dengan beberapa pekerja kreatif tingkat dunia. Beberapa bulan lalu, Eva Celia, Arifin Putra, dan Tatjana Saphira telah merampungkan sesi pemotretan untuk campaign visual dengan berkolaborasi bersama salah satu fotografer fashion ternama, Bharat Sikka di Hong Kong. Selanjutnya, Coca-Cola juga akan melibatkan Aubry Beer dan Alexandra Asma Soebrata dalam beberapa aktivasi lainnya, termasuk aktivasi digital yang seru.”

Kampanye terintegrasi dengan memanfaatkan aneka channel komunikasi siap dikerahkan demi mensukseskan kampanye Rasakan Momennya. Selain menggunakan visual dari wajah-wajah selebriti, implementasi ‘Rasakan Momennya’ juga akan didukung dengan sejumlah karya kreatif dan aktivasi. Di antaranya, peluncuran kemasan edisi khusus mengunakan visual dari para selebriti Indonesia; aktivasi digital yang interaktif, shareable dan terkoneksi secara LIVE dengan salah satu LED raksasa di salah satu mall di Jakarta; beberapa versi iklan dengan menggunakan pendekatan storytelling; serta aktivasi Perfect Serve yang berisi edukasi bagaimana cara menikmati Coca-Cola dengan benar guna mendapatkan kenikmatan yang tertinggi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Gandeng BBPLK, Coca-Cola Tingkatkan Kompetensi Para Teknisi

Sumber Daya Manusia (SDM) sejatinya merupakan aset yang paling berharga bagi perusahaan. Hal itu disadari betul oleh Coca-Cola Amatil Indonesia...

Close