Bertarung di Pasar Ponsel, Polytron Luncurkan Operating System Lokal di Seri Zap 6

Sukses dengan produk audio dan home appliances-nya yang sudah diekspor ke 32 negara di dunia, Polytron tampak makin serius menggarap pasar mobilephone (ponsel) di Indonesia. Di bawah Djarum Group, Polytron memasuki pasar mobile phone di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Sejak kehadirannya di pasar mobile phone Tanah Air hingga awal tahin 2016, lebih dari 3 juta unit ponsel (telepon selular) Polytron telah terjual.

IMG_20160128_25894

Meski kontribusi mobile phone masih kecil terhadap total pendapatan Polytron, 7%, namun kinerja mobile phone Polytron tiap tahunnya terlihat positif. Oleh karena itu, awal tahun 2016 ini Polytron memutuskan untuk merilis sederet smartphone terbarunya, seri Zap 6, dengan membenamkan OS (Operating System) lokal, FIRA.

Diungkapkan Tekno Wibowo, Direktur Marketing PT Hartono Istana Teknologi, FIRA OS adalah perangkat lunak milik Polytron yang telah dibuat dan dikembangan oleh putra-putri Indonesia. "Peluncuran ini tak lepas dari upaya Polytron untuk melakukan investasi di perangkat lunak, yakni lewat FIRA OS. Jika incumbent seperti Android dirancang untuk market global, maka Polytron menghadirkan FIRA OS yang fitur dan layanannya disesuaikan dengan kebutuhan market lokal," tegasnya.

Dengan peluncuran itu membuktikan bahwa selain produksi handset dengan kandungan komponen dalam negeri, Polytron juga concern di sisi pengembangan software. Mengingat, regulasi pemerintah tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri pada device smartphone harus dinaikkan pada tahun 2017.

Berbeda dengan user interface lainnya, FIRA OS memiliki fitur unggulan. Mulai dari FIRA Check Pulsa, FIRA Pay (fitur untuk melakukan pembayaran), FIRA Store, dan FIRA Directory. Untuk memudahkan penggunaan smartphone, Polytron juga merilis portalnya dengan berbagai informasi tentang aplikasi sistem operasi FIRA di www.fira.id.

Ditambahkan Tekno, FIRA OS disematkan pada lima varian smartphone dari Polytron Zap6, yang merupakan generasi lanjutan dari Zap5. Kelima varian itu adalah Posh Note, Posh, Note, Cleo, dan Power.

Untuk dua tipe dari Zap 6, diimbuhkan CEO Blibli.com Kusumo Martanto, "Polytron melakukan kerja sama eksklusif dengan Blibli.com khusus varian Posh dan Posh Note. Pre order untuk kedua tipe itu dijual dengan harga yang menarik, masing-masing Rp 1,69 juta untuk Posh dan Rp 1,89 juta untuk Posh Note. Pre order dibuka mulai 28 Januari hingga 17 Februari 2016, dengan bonus pembelian kartu perdana dari Indosat dan Micro SD," tegas Kusumo.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Pengguna Aktif Harian Facebook Tembus 1,04 Miliar

Tahun lalu, 2015, sepertinya menjadi tahun keberuntungan bagi Facebook. Dibandingkan platform social media lainnya, Facebook sanggup memetik sukses di tahun...

Close