Bidik Anak Muda, Pendaftaran Program 'Secangkir Semangat' Resmi Dibuka

Setelah resmi diluncurkan pada pertengahan Mei 2018 lalu, pendaftaran program gerakan wirausaha sosial (sociopreneurship) bertajuk “Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu” resmi dibuka melalui platform www.secangkirsemangat.id. Program ini secara khusus digelar PT Santos Jaya Abadi (Kapal Api) dan ditujukan bagi kalangan muda yang merupakan para pegiat ataupun berminat menjadi pegiat sociopreneur.

Kapal Api

Peluncuran program sociopreneurship Kapal Api "Secangkir Semangat" pada 14 mei 2018 lalu di Jakarta.

Dikatakan Group Brand Manager PT Santos Jaya Abadi, Johnway Suwarsono, “Melalui program ini kami mengusung semangat pemuda sekaligus berkomitmen mendukung pertumbuhan sociopreneurship dengan menyiapkan wadah bagi pemuda Indonesia. Program ini selaras dengan nilai luhur Kapal Api yaitu penghargaan terhadap semangat hidup, bangga dan setia pada solidaritas sosial.”

Program sociopreneurship ini juga didukung penuh oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Menurut hasil survei BEKRAF dan Badan Pusat Statistik, industri ekonomi kreatif pada 2016 lalu menyumbang sebesar 922,59 triliun rupiah terhadap PDB nasional (7,44%), menyerap 16,91 juta tenaga kerja (14,28%), dan membukukan nilai ekspor sebesar US$20 miliar.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomentar, ekonomi kreatif merupakan industri yang memanfaatkan kreativitas, bakat, dan kemampuan individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.

“Kebangkitan sociopreneurship menjadi tanda pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi salah satu solusi bagi persoalan sosial-ekonomi bangsa, sehingga perlu didukung oleh ekosistem yang lengkap agar dapat terus tumbuh dan terjaga keberlanjutannya. Untuk itu kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, praktisi dan pelaku wirausaha sosial harus terus ditingkatkan,” katanya.

Program “Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu” juga didukung oleh para pegiat sociopreneur Indonesia yang telah sukses di bidangnya masing-masing, yang juga akan berperan sebagai mentor dan motivator. Mereka adalah Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif), Ari Juliano Gema (Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, BEKRAF), Yoris Sebastian (Creative Thinker & Founder OMG), Veronica Colondam (Founder Yayasan Cinta Anak Bangsa), Helga Angelina (Founder Burgreens), Iwet Ramadan (Co-founder JKTCreative), dan lainnya. Program ini juga akan melakukan roadshow di enam kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)