Cara Bank Commonwealth Mendekati Segmen Millennials

Penetrasi perbankan di Tanah Air masih tercatat rendah. Baru 36% orang Indonesia yang baru memiliki rekening bank. Angka tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang Indonesia yang "melek" investasi. Sementara itu, dari aneka instrumen investasi yang ada di Indonesia, masyarakat masih menggemari instrumen investasi tabungan, deposito, tanah, dan emas. Adapun reksadana, penetrasinya baru 0,7%. Angka itu sangat rendah jika dibandingkan dengan Malaysia yang sudah mencapai 45%-50% dan Singapura yang mencapai 80%.

Diakui Head of Wealth Management and Retail Digital Business Bank Commonwealth Ivan Jaya, Bank Commonwealth mencoba meningkatkan penetrasi perbankan melalui layanan digital. Bicara layanan digital, maka tidak bisa lepas dengan segmen millennial yang notabene dikenal sebagai digital savvy.

Untuk menggarap segmen millennials, lanjutnya, Bank Commonwealth menyiapkan produk-produk perbankan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Salah satunya dengan menghadirkan produk-produk dan layanan berbasis digital, seperti Tyme Digital, Digital Branch, dan AutoInvest.

Dijelaskan Ivan, Tyme Digital merupakan pionir perbankan digital yang memungkinkan calon nasabah untuk membuka rekening bank dalam waktu 10 menit. Keunggulan dari layanan ini adalah proses layanan perbankan yang self-service yang aman, cepat, dan mudah. "Melalui layanan ini, millennials dapat memiliki rekening hanya dalam kurun waktu 10 menit dan dapat melakukan investasi lewat AutoInvest. Investasi pun bisa dimulai dengan Rp 100 ribu," terangnya.

Hasilnya? Dijawab Ivan, sejak diluncurkan pada Agustus 2017, jumlah nasabah yang membuat rekening lewat Tyme Digital tercatat signifikan. "Bahkan, mereks yang sudah memiliki rekening lewat Tyme Digital, rata-rata kenaikan dana sejak mendaftar hingga sekarang naik dua setengah kali lipat," tuturnya.

Dalam waktu dekat, diimbuhkan Ivan, Bank Commenwealth akan meluncurkan layanan atau platform Pinjaman On The Spot. Artinya, mulai dari datang, mengajukan pinjaman, hingga fana pinjaman cair, dapat dilakukan saat itu juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Agar PR Dapat Optimal di Era Digital

Drew Gerber, CEO Wasabi Publicity, menegaskan bahwa saat ini dunia telah berubah. Perkembangan teknologi membuat Public Relations (PR) tidak bisa...

Close