Dahua Rilis Produk CCTV Berbasis Teknologi AI

Sebagai brand besar di pasar CCTV dunia, Dahua Technology terus menghadirkan inovasi guna menjawab kebutuhan market, termasuk pasar Indonesia. Kali ini, merek yang kini menguasai pangsa pasar 20% di pasar CCTV nasional itu menghadirkan tiga produk baru berbasis teknologi Artificial Intelligence atau yang lebih dikenal dengan sebutan AI.

Dijelaskan Aping Widjaja, Operation Director PT Pasifik Teknologi Indonesia (PTI) selaku distributor brand Dahua, sistem AI sering digunakan dalam beberapa bidang penting, seperti sistem keamanan, obat-obatan, teknik industri, dan militer. “Pada dasarnya AI merupakan sistem kecerdasan buatan yang dimiliki oleh komputer guna menjawab persoalan-persoalan yang diberikan,” katanya.

Di industri keamanan, CCTV salah satunya, teknologi AI dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data. “Dahua Technology sebagai penyedia solusi video surveillance & security system, menghadirkan teknologi Dahua AI yang menawarkan kemudahan dalam pengolahan data. Beberapa fitur dari AI yang diterapkan dalam dunia CCTV adalah fitur Face Recognition, License Plate Recognition, dan people counting. Teknologi AI yang dibenamkan ke tiga fitur CCTV Dahua itu, pada hari ini (8/5) resmi diperkenalkan kepada media serta para dealer PTI.

Ia pun mencontohkan kecanggihan teknologi AI pada saat konser musik di China. Beberapa waktu lalu, polisi China berhasil membekuk pelaku tindak kriminal di lokasi konser musik yang tengah digelar. “Peringkusan tersebut dilakukan setelah polisi mengenali wajah pelaku lewat sejumlah kamera CCTV yang dipasang di sekitar arena konser. Kamera-kamera tersebut telah dilengkapi teknologi Face Recognition atau pengenal wajah, sehingga bisa mengenali wajah pelaku di antara 60.000 penonton konser,” terangnya.

Ditambahkan Herry Tjhin, Project Sales Manager Dahua Technology, Dahua memiliki total security system end-to-end solution yang lengkap dan dapat memenuhi semua kebutuhan surveillance mulai dari consumer product (ritel) sampai project-based (korporat) di semua jenis industri.

“Di segmen korporat atau proyek, produk Dahua sudah digunakan oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta, antara lain oleh Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Papua, serta Tol Cikupa dan Merak. Saat ini, porsi kontribusi antara segmen ritel dan korporat 50:50. Dengan produk baru berteknologi AI ini, kami menargetkan ada 100 proyek yang menggunakan CCTV Dahua berteknologi AI,” tegas Herry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)