Dukungan Acer di Program Digital Classroom IPEKA

Salah satu misi Acer adalah turut memajukan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diusung oleh Acer Indonesia adalah kegiatan yang berbasis pada dunia pendidikan. Tahun ini misalnya, Acer bersama Intel dan Google mendukung program Digital Classroom yang digelar oleh berbagai sekolah di Indonesia. Di antaranya, program Digital Classroom yang digelar oleh IPEKA INTEGRATED Christian School (IICS).

Dijelaskan Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia, “Acer berkomitmen untuk mendukung sektor pendidikan, dan kami berdedikasi untuk melayani kebutuhan pasar pendidikan sekaligus mendukung perwujudan digital classroom. Ini merupakan dukungan kami sebagai technology enabler dalam percepatan implementasi pendidikan abad 21 untuk proses belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif.”

Dukungan Acer dalam program tersebut adalah dengan menyediakan perangkat laptop Chromebook yang telah dirilis Acer di akhir tahun 2016 lalu. Produk Chromebook sendiri telah menggunakan prosesor Intel. Di dalamnya juga bisa ditambahkan Google Management Console & Apps for Education dan Acer Classroom manager. Sejatinya, Chromebook dari Acer dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah.

Ditambahkan Herbet, dipilihnya IPEKA karena sekolah tersebut memiliki sederet prestasi di kancah nasional maupun internasional. Selain dikenal sebagai salah satu sekolah paling top di Indonesia, IPEKA juga banyak memenangkan berbagai olimpiade internasional.

Selain itu, IPEKA juga mengimplementasikan metode pembelajaran blended learning. Metode tersebut merupakan penggabungan antara proses belajar mengajar tradisional dengan menerapkan konsep belajar secara digital dan mobile. Dalam hal ini, dengan memanfaatkan dukungan perangkat dan solusi dari Acer Chromebook bagi siswa dan guru.

CEO IPEKA INTEGRATED Christian School Handojo mengatakan bahwa dukungan perangkat dan solusi teknologi dalam perwujudan digital classroom ini terbukti telah membantu guru dalam meningkat efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar.

“Kini, guru dapat memberikan tugas melalui Google Docs dan secara otomatis membuat duplikasi untuk setiap murid. Mereka pun dapat langsung mengerjakan tugas dalam dokumen tersebut. Solusi ini juga secara otomatis membantu guru dalam menyusun tugas-tugas dalam folder driver yang terstruktur, sehingga murid juga akan melihat tugas-tugas serta tenggat waktu pengumpulan. Keunggulan lainnya, guru dapat membuat pengumuman dan memulai diskusi serta menjawab murid secara real-time,” kata Handojo, yang menyebutkan bahwa kelas 7 dan 10 yang dipilih untuk pengimplementasian Digital Classroom di mana setiap siswa mendapatkan satu perangkan Chromebook dari Acer.

Melalui program Digital Classroom di IPEKA, seluruh unit Acer Chromebook yang digunakan telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi pendukung dari Google, seperti Google Chrome Gmail, Google Drive tanpa batas kapasitas memori, Google Search, App List Button, YouTube, Hangout, Classroom, Calendar, dan sites.

“Dengan sistem yang terintegrasi, guru dan siswa bisa merasakan pengalaman belajar mengajar yang lebih menarik dan meningkatkan inovasi serta kolaborasi antara siswa dan guru, membuat digital classroom menjadi lebih personal dan menarik. Paket solusi terdiri dari Acer Chromebook dengan dukungan ekosistem Chrome, charging cart, Chrome Device Management Console, dan G-Suite App for Education,” papar Herbet.

Lebih lanjut Herbet menerangkan bahwa mewujudkan program Digital Classroom di sekolah tak hanya dilakukan di IPEKA. Sebelumnya, sekolah di SD Negeri di Bangka Belitung juga sudah mendapatkan dukungan dari Acer. Ke depan, Acer juga akan mendukung sekolah yang ada di Jawa Timur.

Selain memperkenalkan serta mengedukasi Chromebook, diakui Herbet, dukungan program Digital Classrom oleh Acer diharapkan dapat meningkatkan penjualan Chromebook. “Sebab, Chromebook memang fokus menyasar pasar korporat, salah satunya segmen pendidikan,” ungkap Herbet yang menyebutkan bahwa tahun ini target pertumbuhan Chromebook diharapkan mencapai lebih dari 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Konser 8 Jam Clean & Clear

Brand kosmetik Clean & Clear mengedukasi kenggulan produk yang mampu membuat kulit  bebas minyak, lawan penyebab jerawat dan lembut di...

Close