GIIAS Ekspansi ke Makassar dan Surabaya

Jelang berlangsungnya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 20 – 30 Agustus di Jakarta (BSD City), Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional untuk menyebar tidak hanya di kawasan Jakarta saja tapi juga ke wilayah lain. Oleh karena itu, perhelatan GIIAS juga direncanakan akan turut diselenggarakan di Makassar dan dan Surabaya.

GIIAS-2015

Menurut Sekretaris Umum Gaikindo, Noergardjito, dalam siaran pers yang diterima MIX, menyebutkan bahwa untuk wilayah Indonesia Timur, Makassar adalah salah satu kota yang menjadi titik pusat perekonomian Indonesia Timur terutama melalui industri otomotifnya. Menurut data dari Gaikindo, selain Makassar, wilayah lain yang berperan penting terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional adalah Surabaya.

“Sejak beberapa tahun yang lalu Pameran Gaikindo sudah tercatat sebagai salah satu rangkaian pameran otomotif internasional dalam kalender OICA,” kata Noergardjito. Lanjutnya, GIIAS 2015 adalah satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang diakui dunia internasional melalui OICA.

Sejatinya, persiapan penyelenggaraan GIIAS turut di dukung oleh organisasi international yang membawahi industri omotif dunia yakni OICA (Organisastion Internationale des Constructures d'Automobiles). Diungkapkan Noergardjito, Di bawah naungan OICA, GIIAS menjadi salah satu seri pameran otomotif dunia berkelas internasional.

Noergardjito mengatakan, GIIAS dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengembangkan industri otomotif lokal, bertukar informasi seputar teknologi terkini, sarana untuk mengembangkan industri pendukung dan komponen otomotif hingga sebagai wadah bagi masyarakat lokal untuk menikmati industri otomotif melalui acara-acara pendukungnya.

Lebih jauh lagi, semangat GIIAS yang akan dibawa oleh GAIKINDO juga meliputi berbagai aksi-aksi sosial sebagai bentuk kepedulian industri otomotif. Acara sosial yang dilaksanakan di GIIAS Jakarta seperti GIIAS EduCare dan Student’s Day juga akan dibawa ke Makassar dan Surabaya.

Sementara itu, Sama halnya seperti GIIAS Jakarta, di Makassar dan Surabaya GIIAS akan membawa Agen Pemegang Merek anggota GAIKINDO untuk berpartisipasi di dua kota tersebut. GIIAS Makassar akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 29 November 2015 di Celebes Convention Center, Makassar dan GIIAS Surabaya akan diselenggarakan pada tanggal 09 – 13 Desember 2015 di Grand City, Surabaya.

GIIAS di Makassar dan Surabaya akan menghadirkan merek-merek kendaraan ternama langsung dari Agen Pemegang Merek-nya. Hal ini menunjukkan bahwa pameran ini merupakan miniatur kecil dari GIIAS Jakarta dan sebagai wadah bagi industri otomotif lokal untuk menunjukkan eksistensinya.

Selain itu berbagai program unggulan yang dihadirkan dipercaya akan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di kedua kota tersebut. Program-program tersebut antara lain Automotive Community’s Day, DJ Performance on Car, Modifiication Contest, Freestyle Motorbike Show akan menambah keseruan pameran GIIAS Makassar & Surabaya.

Layaknya GIIAS Jakarta, secara aktivasi, berbagai fasilitas juga dipersiapkan panitia untuk memanjakan pengunjung, seperti fasilitas test drive dan test ride yang memberikan peluang langsung bagi pengunjung untuk merasakan kemampuan dan kenyamanan kendaraan yang disukai. Selain itu ada fasilitas SIM Keliling dan SAMSAT Corner yang memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk mengurus dan memperpanjang surat ijin mengemudi dan pajak kendaraan bermotor mereka.

Selain itu acara sosial seperti GIIAS EduCare (sumbang buku, travelling & teaching, tools for school), student’s day, donor darah serta woman’s day juga akan diadakan di kedua kota ini yang diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat sekitar.

Tentang rangkaian GIIAS 2015:

1. GIIAS Jakarta (BSD City) 20 – 30 Agustus 2015, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Luas area pameran 91.577 meter persegi. Jumlah peserta 34 merek kendaraan dengan total 350 peserta.

2. GIIAS Makassar 25 – 29 November 2015, di Celebes Convention Center, Makassar. Luas area pameran 6.000 meter persegi. Pameran ini menargetkan 12 merek kendaraan dengan total 35 peserta.

3. GIIAS Surabaya 09 – 13 Desember 2015, di Grand City Surabaya. Luas area pameran 6.000 meter persegi. Pameran ini menargetkan 12 merek kendaraan dengan total 35 peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Q2 2015, Pendapatan Global Facebook Tembus USD 4,04 Miliar

Facebook baru saja merilis laporan pendapatannya di kuartal kedua tahun 2015. berdasarkan laporan tersebut, pendapatan Facebook secara global mencapai USD...

Close