IKLAN PERSONAL LEBIH EFEKTIF

Iklan personal (personalized ads) dapat membangun hubungan lebih erat dengan konsumen. Setelah melihat iklan personal, konsumen akan 9,5 kali lebih mungkin mengunjungi Website Anda dan menghabiskan waktu 86% lebih banyak untuk meliihat katalog produk online Anda. Demikian hasil studi yang dilakukan Criteo, sebuah perusahaan teknologi global terkemuka dengan spesialisasi di periklanan digital.

Dengan kata lain, kata Yvonne Chang, Managing Director Criteo untuk Asia Tenggara, konsumen yang diperlakukan secara personal cenderung merasa lebih puas dan loyal dengan merek/produk yang mereka gunakan. Dan pemasar harus menyadari hal tersebut! tutur Yvonne dalam siaran pers yang diterima Majalah MIX.

Yvonne lalu bercerita tentang pengalaman seorang pelanggan kafe yang mendapat layanan personal dari seorang barista. Sang barista menyapa dengan menyebut nama Anda dan mengingat minuman yang biasa Anda pesan. Sang barista bahkan mungkin mengingat makanan terakhir yang Anda pesan pada minggu lalu, dan menawarkan menu yang sama hari ini. Percakapan ini tentunya berdasarkan pada segala interaksi yang pernah terjadi antara Anda dengan barista tersebut. Dengan kata lain, perlakuan khusus yang Anda terima seperti inilah akan membangun sebuah hubungan yang bukan sekadar jual-beli.

Pemasar sepenuhnya harus menyadari bahwa setiap orang memiliki latar belakang yang unik. Di sisi lain, konsumen juga kini semakin terbiasa mendapatkan pengalaman personal sehingga bagi brand, memberikan pengalaman personal menjadi suatu keharusan—baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya—menjadi sebuah keharusan.

Menurut Yvonne, pengalaman personal yang dinikmati pengunjung kedai kopi di atas sebenarnya dapat juga diberikan kepada para pengguna perangkat mobile yang merupakan audiens Anda secara sederhana dan efektif. Namun perlu diingat, bahwa setiap pesan yang ingin Anda sampaikan harus bersifat personal dan relevan bagi pengguna internet yang didasarkan atas pengalaman konsumen dalam berinteraksi dengan brand Anda

Terdapat tiga kemampuan utama yang harus dimiliki oleh para pemasar dalam menyusun strategi yang dipusatkan pada pengguna internet (Internet Marketing). Pertama, para pemasar harus memiliki kemampuan untuk mencatat dan memahami semua interaksi yang pernah dialami pelanggan dengan brand atau produk yang akan dipasarkan. Kedua adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi pemasaran terbaru agar penyajian iklan dapat dilakukan dengan lebih personal dan real-timeberdasarkan perilaku ini. Ketiga adalah kemampuan untuk mengoptimalkan usaha-usaha tersebut pada setiap pelanggan untuk memastikan adanya pembelian dan dapat senantiasa dinilai secara baik oleh pelanggan Anda. Terakhir, yang terpenting pada zaman digital ini adalah konsistensi dari pesan yang ingin disampaikan melalui semua perangkat dan saluran media.

Mengingat bahwa konsumen biasanya akan melakukan riset sebelum melakukan pembelian menggunakan sarana apa pun yang mudah diakses, maka akan sangat sulit bagi pemasar untuk mengidentifikasi konsumen tersebut karena mereka mudah sekali berpindah ke perangkat lainnya. Dengan 56% pengguna menunjukkan perilaku yang sangat mirip di tablet dan telepon seluler mereka, Anda tidak dapat menyediakan pengalaman yang konsisten jika Anda tidak tahu bagaimana konsumen berinteraksi di berbagai perangkat dan langkah apa yang mereka ambil mulai dari

proses mempertimbangkan sampai ke proses transaksi.

Hal ini dapat berujung pada pengeluaran dana iklan yang sia-sia, terutama jika data yang dimiliki tidak konsisten dan tidak akurat. Kampanye terpadu yang keliru pelaksanaannya akan gagal menyasar individu di berbagai perangkat atau bahkan akan terlalu fokus pada salah seorang pengguna karena individu tersebut dinilai dapat mewakili pengguna lainnya. Maka dari itu, para pemasar harus mengidentifikasi setiap pengguna secara tepat dengan mengirimkan konten yang mereka senangi, tanpa harus selalu berfokus pada perangkat ataupun alat yang mereka gunakan untuk aktivitas digital mereka.

Dunia saat ini menjadi semakin rumit dan memilih alat pemasaran yang tepat kini semakin

menantang dari hari ke hari. Dunia luar akan terasa semakin dekat ketika semua hal dapat dilakukan melalui media digital, sama halnya dengan ketika setiap interaksi dengan pelanggan dapat dilakukan secara personal berdasarkan semua interaksi meraka dengan pemasar. Banyak pemasar lain yang sudah berinvestasi pada teknologi yang berpusat pada data dan menyediakan personalisasi bagi para penggunanya. Saat ini adalah momen yang paling tepat bagi semua pemasar untuk merebut peluang yang didukung oleh kecanggihan perangkat saat ini. Mungkin barista yang biasa Anda temui di kedai kopi favorit akan menambahkan – “better latte than never”. (Lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Inilah Perbedaan Gen X, Y, dan Z

Generasi (Gen) Z sangat sulit dipengaruhi iklan ketimbang Gen X maupun Gen Y. Hal ini menjadi tantangan bagi para pemasar...

Close