Incar Segmen Pelajar, Lesgo Tawarkan Kualitas dan Fleksibilitas

Pelajar menjadi salah satu segmen yang menjanjikan bagi para startup di Tanah Air. Segmen itu pula yang tengah diincar oleh Lesgo, startup lokal yang menawarkan platform pencarian guru atau pengajar untuk aneka mata pelajaran. Selain mempermudah pencarian guru les private, Lesgo juga menawarkan added value berupa diperolehnya kualitas guru les yang bagus. Hasilnya, sejak dirilis akhir tahun lalu, kini Lesgo sudah memiliki 723 guru yang tergabung sebagai mitra, 3.168 produk les, dan 1.469 sesi les yang sudah terselesaikan.

Diungkapkan Sang Made Kresna Andika, CEO dan Pendiri Lesgo, Lesgo dihadirkan karena adanya potensi bisnis tutorial yang mencapai US$ 102 juta di 2018 mendatang. Nilai itu didominasi oleh wilayah Asia. “Dan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, karena sekitar 90 juta orang penduduknya adalah usia pelajar,” katanya.

Alasan lainnya adalah adanya kebiasaan orangtua yang sangat hati-hati dalam memilih les tambahan bagi anaknya. “Sebelum era digital, kegiatan mencari guru atau les private dilakukan orangtua dengan cara konvensional, seperti melalui iklan di media cetak atau melalui bimbingan belajar. Sayangnya, hal itu sering menjadi kendala, antara lain lokasi bimbingan belajar yang jauh dari rumah atau sulit mendapat guru les yang tepat, baik dari segi waktu maupun kualitas,” terang Sang.

Melalui aplikasi Lesgo, lanjutnya, orangtua dapat memperoleh kualitas guru yang bagus. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Lesgo, orangtua juga bisa mencocokkan waktu anak dengan gurunya. "Biasanya, selama ini, kendala orang tua adalah mencari referensi guru les yang bagus. Ketika mereka dapat referensi dari teman, sayangnya mereka terkendala dengan sejumlah hal, misalnya jadwal les yang tidak sesuai atau masalah harga," tegas Sang.

Oleh karena itu, Lesgo juga menawarkan keunggulan berupa fleksibilitas. Di Lesgo, orangtua bisa memilih guru les dengan variasi biaya les beragam sesuai dengan kemampuan orang tua. Termasuk, memilih les private atau berkelompok. "Memang layanan ini bukan hal baru, tapi hanya di Lesgo mencari guru les bisa semudah dan secepat belanja online. Karena tim kami yang akan memverifikasi kualifikasi dan jadwal guru les yang diinginkan," klaimnya, di sela-sela peluncuran Lesgo! Versi 2.0 di Jakarta, hari ini (7/7).

Istimewanya, aplikasi Lesgo juga menyediakan ruang komunikasi online antara siswa dan guru maupun orangtua dan guru. "Untuk memudahkan, maka kami menghadirkan dua aplikasi di Google Playstore. Yakni, aplikasi Lesgo untuk siswa yang berwarna hijau dan aplikasi Lesgo yang berwarna biru untuk mitra guru,” tambah Sang, yang menyebutkan bahwa ke depannya, Lesgo akan menghadirkan seminar dan pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Industri Minuman Ringan, Masih Prospektif, Meski Pertumbuhannya Melambat

Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM) Industry Outlook 2017 menunjukkan bahwa selama kuartal pertama 2017, pertumbuhan industri minuman ringan negatif, minus...

Close