Kolaborasi Bank Commonwealth dan IWAPI Kembangkan Perempuan Pengusaha

Bank Commonwealth menggandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk berkolaborasi dalam meningkatkan literasi serta kemudahan akses jasa keuangan yang menyasar 40 ribu perempuan pengusaha Indonesia yang merupakan anggota IWAPI. Kolaborasi ini dilatari oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa hampir setengah dari keseluruhan SME di Indonesia dimiliki oleh perempuan.

Bank Commonwealth

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IWAPI hari ini (9/10) di Makassar, Bank Commonwealth mengajak 40 ribu perempuan pengusaha Indonesia yang merupakan anggota IWAPI untuk berkolaborasi dalam meningkatkan literasi serta kemudahan akses jasa keuangan.

“Tahun ini, perluasan akses pendanaan bagi perempuan pengusaha menjadi salah satu fokus kolaborasi Bank Commonwealth dan IWAPI. Kami bukan hanya menyediakan jasa keuangan, tapi justru lebih mengambil peran sebagai mitra bisnis yang terpercaya untuk perempuan pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Director of SME Banking Bank Commonwealth Ida A. Simatupang.

Meski SME di Indonesia kebanyakan dimiliki oleh perempuan, sayangnya studi dari International Financial Institution (IFC) pada 2016 menemukan bahwa 40% perempuan lebih cenderung meminjam uang ke lembaga selain bank karena bank dianggap memiliki persyaratan yang rumit. Di sisi lain, studi yang sama menemukan bahwa perempuan sebenarnya memiliki risiko kredit yang lebih rendah dibandingkan pria.

Peluang tersebut dimanfaatkan Bank Commonwealth sebagai kesempatan untuk memberikan edukasi keuangan sekaligus akses ke produk dan layanan perbankan sebagai bekal bagi perempuan pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya melalui produk Bizloan, program berbasis aplikasi milik Bank Commonwealth yang membantu pengusaha SME dalam mengajukan pinjaman bisnis tanpa agunan dan prosesnya dilakukan secara online melalui smartphone.

Selain berkolaborasi dengan IWAPI, Bank Commonwealth melalui program Women Investment Series (WISE) juga berkolaborasi dengan Mastercard dalam mendorong peningkatan inklusi keuangan perempuan Indonesia melalui tiga pilar yakni, memperkuat jaringan formal antar perempuan pengusaha, inovasi teknologi, dan penelitian literasi dan inklusi keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
PR of The Year 2017: Bango “Rasa Sepanjang Masa”

BEST OF THE BEST SOCIAL PR PROGRAM 2017 Sejak diakuisisi Unilever Indonesia pada 2001, Bango secara konsisten menjalankan misi sosial...

Close