Langkah Pamerindo Indonesia Dukung “Making Indonesia 4.0”

Pemerintah Indonesia tengah mencanangkan “Making Indonesia 4.0” guna menukseskan Industri 4.0. Inisiatif tersebut demi menangkap peluang yang tengah menjadi tren saat ini, antara lain kecerdesan buatan dan Internet of Thing (IoT).

Sejatinya, implementasi Industri 4.0 yang sukses di Indonesia kaan berdampak signifikan bagi pertumbuhan PDB (Pendapatan Domestik Bruto) hingga 1-2% setiap tahunnya. Bahkan, diperkirakan akan naik hingga 5% dan mencapai 6-7% pada periode 2018-2030. Hampir seperempat dari proyeksi rasio pertumbuhan tersebut berasal dari industri manufaktur Indonesia, yang saat ini mengalami transformasi digital sangat cepat melalui IoT.

Demi mewujudkan program pemerintah tersebut, Pamerindo Indonesia menggelar pameran perangkat cerdas untuk efesiensi energi terbesar bertajuk “Elenex Indonesia 2018” dan “Building System & Automation Indonesia 2018”. Kedua pameran tersebut akan berlangsung 19-21 September 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

“Lewat penggabungan dua pameran ini, kami optimistis dapat berkontribusi dalam percepatan adopsi industri 4.0 dan manufaktur cerdas di Indonesia. Pameran ini juga menjadi wadah bagi ratusan manufaktur untuk memamerkan keunggulannya di bidang otomatisasi berbasis IoT dan solusi penghematan energi, dengan berbagai teknologi yang menjadi fokus inisiatif Industri 4.0 dari pemerintah untuk membangun Indonesia 4.0,” tutur Wiwiek Roberto, Project Director Pamerindo Indonesia.

Pameran tersebut melibatkan lebih dari 250 peserta dan profesional IoT dalam mengaplikasikan solusi efesiensi energi, inovasi pencahayaan, sistem bangunan dan otomatisasi, serta sensor dan sistem keamanan pintar. Acara tersebut akan mendatangkan lebih dari 6.000 profesional dan pemain indsutri utama, khususnya dari sektor manufaktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)