Meikarta, Pengiklan Terbesar 2017

Hanya dalam enam minggu, Meikarta menjadi merek dengan belanja iklan tertinggi sepanjang 2017 dengan total belanja iklan lebih dari Rp 1,5 Triliun. Sebanyak 58% dari bujet tersebut dihabiskan untuk porsi belanja iklan di media cetak, dan sisanya untuk media lain seperti radio, digital, dan lainnya.

Meikarta, Pengiklan Terbesar 2017

Ilustrasi

Demikian hasil riset Nielsen Ad Intel di tahun 2017 yang dirilis Nielsen Indonesia pada awal Februari 2018 ini.

“Untuk sektor Properti, belanja iklan dari Meikarta ini memang cukup fenomenal di tahun lalu. Tidak sampai dua bulan, Meikarta menghabiskan Rp1,5 triliun untuk belanja iklan. Ini belum pernah kita lihat sebelumnya”, ujar Hellen Katherina, Executive Director, Head of Media Business, Nielsen Indonesia.

Menurut data Nielsen, pertumbuhan belanja iklan menunjukkan tren yang positif dari tahun ke tahun. Total belanja iklan tahun 2017 meningkat 8% dari tahun sebelumnya dengan nilai yang mencapai Rp 145.Triliun. Pertumbuhan nilai ini lebih didorong oleh kenaikan harga gross rate iklan di masing-masing media.

Sementara, porsi belanja iklan sepanjang 2017 masih didominasi oleh media TV sebesar 80% dari total belanja iklan yang tumbuh 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara porsi belanja iklan di media cetak menunjukkan tren penurunan seiring dengan berkurangnya media cetak yang beroperasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Tantangan Industri FMCG di Era E-commerce

Oleh: Ferdi Ferdian *) Platform E-commerce saat ini semakin bervariasi baik B2B (ralali.com), B2C (lazada, bukalapak) ataupun C2C (olx.id). Ada...

Close