Melepas Figur Kunci di RUPS XL Axiata

Sejumlah keputusan telah dicapai pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) PT XL Axiata Tbk. yang digelar pada hari hari ini (9/3), di Jakarta. Salah satu keputusan yagn signifikan adalah perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris. Willem Lucas Timmermans selaku Direktur XL Axiata yang akrab disapa Wim dan Komisaris Perseroan Mohd. Khairil Kevin Loh bin Abdullah mengakhiri jabatannya.

Dikatakan Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, “Bapak Wim adalah salah seorang figur kunci dalam manajemen XL Axiata sejak lebih dari 10 tahun lalu, termasuk ketika memasuki masa-masa krusial saat kami mulai melakukan transformasi dimana kami fokus memasuki bisnis data. Kini, kami melepas beliau yang hendak mencoba tantangan baru di negara lain. Kami sampaikan ucapan terima kasih atas seluruh dedikasi beliau bagi XL Axiata. Kami berharap beliau juga akan mencapai kesuksesan di masa mendatang, di mana pun beliau berada.”

Wim sendiri bergabung dengan XL Axiata sejak 22 Desember 2006 sebagai Direktur Keuangan. Sejak tahun 2011, ia ditugaskan sebagai Chief Operating Officer. Selanjutnya, pada tahun 2015, ia ditunjuk sebagai Director/Chief Strategic Transformation. Dan pada 2017, ia menjabat sebagai Director/ Chief Corporate Transformation.

Selain dikenal sebagai sosok penting yang sukses mengawal XL Axiata melakukan transformasi ke bisnis data, lulusan University of Groningen juga menjadi salah seorang di balik terobosan yang telah dilakukan XL Axiata. Antara lain, melalui program Minutes Factory (fast, eager, lean) yang berhasil mengantarkan XL Axiata memenangi kompetisi yang sangat ketat di Industri sebelum era data.

Wim juga tercatat sebagai sosok yang memimpin proses merger antara XL Axiata dengan AXIS, baik dalam hal menggerakkan, mengkoordinasi, memonitor, juga mengevaluasi proses Integrasi. Dengan demikian, proses integrasi antara XL dan AXIS dapat berjalan dengan mulus dan sukses.

Begitu juga dalam pelaksanaan transformasi 3R, yakni Revamp (mengubah), Rise (meningkatkan), dan Reinvent (menemukan kembali). Wim turut berperan besar dalam mewujudkan transformasi 3R. Kini, hasil dari Transformasi 3R sudah mulai dirasakan. Terbukti, XL Axiata berhasil meraih kembali pertumbuhan setelah lebih berfokus pada bisnis layanan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)