Memanfaatkan Artificial Intelligence untuk Kepentingan Pemasaran

Teknologi Artificial Intelligence (AI) memang tercatat masih baru di Indonesia. Kendati baru, namun penggunaannya untuk kepentingan pemasaran telah banyak dilakukan oleh sejumlah brand. Dikatakan Leonard Nugroho, Managing Director Technology Consulting, “AI memang  sudah banyak diterapkan di Indonesia, namun Implementasi lebih ke arah live chat, yaitu dengan menggunakan Chat-Bot. Contohnya, Telkomsel yang sudah menggunakan Chat Bot.”

 

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa AI dapat digunakan untuk kepentingan pemasaran, seperti customer segmentation, campaign management & real-time analysis, product pricing, serta location analytics & proximity marketing.

Sejatinya, menurut Leonard, penggunaan AI dalam kepentingan pemasaran dapat meningkatkan market share, meningkatkan customer experience, meningkatkan brand loyalty, lebih memahami tentang konsumen dari brand yang ada, dan peningkatan periklanan yang lebih efektif.

Ia pun mengingatkan bahwa ada tantangan yang kemungkinan dihadapi para pemasar dalam memanfaatkan AI, antara lain penggunaan aplikasi yang  tidak terintegrasi.  Akibatnya, data analytics tidak dimanfaatkan.  “Jadinya, hanya untuk berhadapan dengan pelanggan kelihatan canggih, tapi back end-nya nggak jalan,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)