Mengikuti Kesuksesan Kincir.com, Giring “Nidji” Luncurkan Viral

Setelah berhasil meluncurkan platform Kincir.com pada 2010, GDP Venture resmi meluncurkan portal online terbaru bernama Viral yang bisa di akses melalui website milik Kincir. Menurut CEO and Co-founder Kincir.com dan Viral, Giring “Nidji” Ganesha, dirinya ingin memberikan kesempatan kepada anak muda untuk terus update terhadap isu sosial, ekonomi, hiburan, musik dan lainnya yang terjadi terjadi di masyarakat.

Giring Nidji Luncurkan Portal Informasi dan Tips Bernama Viral

Giring Nidji Luncurkan Portal Informasi dan Tips Bernama Viral

Portal www.viral.kincir.com menyasar segmen anak muda (millenial) yang memiliki kebutuhan untuk mendapatkan informasi dari sudut pandang hiburan. Konten yang disajikan menurut Giring terdiri dari 80 persen tips dan 20 persen informasi. “Kehadiran Viral bertujuan untuk memfasilitasi rasa ingin tahu anak muda yang besar, dengan kehadiran tip dan informasi seru anak muda. Kami riset topik yang disukai anak muda dan menghadirkannya melalui kanal-kanal yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” ujar Giring, yang juga vokalis band Nidji.

Menurut Giring, unique selling proposition (USP) kedua portal dibawah naungannya tersebut sangat jelas. Jika Kincir.com mengandalkan user-generated content dimana kontribusi fans atau pengguna website berbasis fans base artis dan musisi menjadi hal utama, berbeda dengan Viral yang memiliki distribusi konten dari internal.

Beberapa konten yang mendapat apresiasi dari netizen diantaranya adalah artikel seputar film Star Wars terbaru. Kata Giring, saat film itu akan diputar di Indonesia, Viral membuat konten tentang “10 tokoh yang harus Anda ketahui sebelum menonton film Star Wars: The Force Awakens. Alhasil, dalam kurun waktu beberapa hari, konten tersebut menjadi viral yang hingga saat ini sudah mencapai 16 ribu views tanpa ada bantuan iklan atau apapun,” ujar Giring.

Mengusung slogan "Kepoin yang baru, nikmati yang seru", konten Viral berisi 20 persen kiat dan 80 persen informasi yang dibagi menjadi lima kanal yaitu Chillax, Geeky, HIP, Epic Life, dan Flirt. Portal yang berada di bawah naungan PT. Gajah Merah Terbang, salah satu perusahaan di bawah GDP Venture tersebut saat ini berisikan tim untuk membuat konten, namun ke depannya, kata Giring, mereka ingin mengajak remaja Indonesia berkontribusi melalui tulisan. Singkatnya, Viral ingin menjadi sebuah portal user-generated content.

Dalam hal monetisasi, sama halnya seperti yang dilakukan pada Kincir.com, Viral juga mendapatkan sejumlah profit mulai dari content marketing, merchandising, google ads, dan yang sedang dikejar saat ini adalah social media influencer. “Kita juga buat program untuk brand. Dan kita sering juga memberikan konsultasi kepada brand untuk menempatkan brandnya sehingga mendapat viral dengan buzzing.”

“Kedepannya, saya dan tim berharap bisa bikin agency digital guna melebarkan sayap dari bisnis Kincir.com. Tentu saja itu butuh proses,” imbuh Giring.

Sementara itu, untuk meningkatkan awareness netizen terhadap portal Viral, Giring menggelar program “Lomba Tulis Remaja” mulai Kamis, (11/2/2016). Dalam program ini, mereka yang mengunggah tulisan ke situs tersebut akan mendapat bonus uang sebesar Rp 100 ribu setiap mendapat views oleh 100 orang dan kelipatannya.

Untuk saat ini, Giring dan Viral akan fokus ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang, namun tidak menutup kemungkinan untuk ekspansi ke daerah lain di dalam dan luar negeri. “Target ke depan kita ekspansi ke luar, terutama di Asia Tenggara, karena sepengetahuan saya di Malaysia dan Thailand belum ada konten serupa,” ungkap Giring.

Ia yakin bisnisnya ini bakal berkembang karena pesaingnya belum banyak dan pasar anak muda akan terus tumbuh. “Kita tahu bahwa belum ada di Indonesia yang membahas hal seperti ini. Ini tahun anak muda. Anak muda sekarang ngebahasnya bukan politik atau berita berat,” pungkas Giring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Read previous post:
Ini Penyebab Utama Rontoknya Sejumlah Media Cetak Nasional

Raport merah untuk industri media cetak nasional sudah dimulai sejak semester 2014. Kala itu, sejumlah harian nasional ternama sudah mulai...

Close