Menjadi Unicorn Indonesia, Ini Kunci Sukses Traveloka

Pada tahun 2030 mendatang, pengeluaran yang dikeluarkan orang Indonesia untuk traveling diperkirakan mencapai nilai US$ 23,7 miliar atau sekitar Rp 313 triliun. Demikian data yang dirilis Frost & Sullivan. Tak mengherankan, jika saat ini Indonesia disebut-sebut sebagai negara yang tengah memasuki era Leisure Economy.

Tingginya nilai bisnis di industri traveling membuat agen travel konvensional maupun agen travel online ingin mencicipi gurihnya "kue" tersebut. Tanpa terkecuali startup yang bergerak di bidang online travel agency di Indonesia seperti Agoda, Airy, Booking.com, Pegipegi, Tiket.com, dan Traveloka.

Di antara startup tersebut, Traveloka tercatat sebagai online travel agency lokal yang sukses. Terbukti, Traveloka tergabung dalam trio Unicorn Indonesia bersama Tokopedia dan Go-Jek dengan nilai valuasi di atas US$ 1 miliar atau setara Rp 13 triliun.

Brand Traveloka tidak bisa dipungkiri sangat melejit berkat gencarnya upaya promosi dan pemasaran. Kanal yang digunakan adalah televisi, media cetak, dan media online. Mau bukti? Tengok saja catatan Adstensity yang mengungkapkan bahwa sepanjang Januari-November 2017, Traveloka menempati posisi pertama untuk belanja iklan televisi, yakni dengan total belanja iklan sebesar Rp 794,05 miliar. Itu artinya, Traveloka menyumbang 67,81 persen dari total belanja iklan televisi para pebisnis online ticketing.

Promosi yang gencar sejatinya harus diikuti dengan pelayanan jasa yang menarik agar publik tak berpaling. Salah satu kunci sukses yang membuat Traveloka mampu menyediakan kamar hotel dan tiket pesawat murah adalah program Best Price Guarantee, yang memberi garansi harga tiket termurah. Jika pelanggan menemukan harga tiket yang lebih murah di situs lain, Traveloka akan memberikan voucher tiket dengan nilai tertentu.

Singkat kata, konsep sukses yang dianut oleh Traveloka yakni berfokus pada penawaran produk dan layanan terbaik dan inovatif kepada seluruh konsumen lewat promosi besar yang sangat strategis.

Saat ini, Traveloka telah bekerja sama dengan 27 maskapai internasional dan domestik yang melayani belasan ribu rute di kawasan Asia Pasifik. Sedangkan pelayanan kamar hotel, Traveloka telah berkerja sama dengan ribuan hotel yang tersebar di Indonesia hingga Hong Kong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)