Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen, Ini yang Dilakukan McDonald's

Mencapai usia perak (25 tahun) di industri restoran cepat saji, bagi McDonald's bukanlah perkara mudah. Mengingat, pertarungan di industri restoran cepat saji di Indonesia makin ketat. Setiap tahunnya, ada saja resto anyar yang masuk ke pasar Indonesia.

IMG_20160210_42712

Hal itu cukup dimaklumi, lantaran menurut survei terbaru dari MasterCard bertajuk Consumer Purchasing Priorities, sebanyak 80 persen orang Indonesia lebih memilih untuk bersantap di outlet cepat saji. Selanjutnya, diikuti oleh pusat jajanan/food court yang menempati urutan kedua dengan 61 persen, dan restoran/kafe kelas menengah sebanyak 22 persen. Sementara itu, hanya sekitar 1 persen konsumen di Indonesia yang memilih mengunjungi restoran untuk jamuan makan resmi (fine dining).

Untuk itu, di usianya yang ke-25 tahun yang jatuh pada tahun ini, McDonald's Indonesia sudah banyak menorehkan sejumlah inovasi guna menjawab pergeseran habit konsumen di era digital. Dipaparkan Michael Hartono, Marketing & Communications Director McDonald's Indonesia, "Saat ini konsumen Indonesia mengalami pergeseran. Di era digital ini, konsumen sangat mobile dan tak pernah lepas dari gadget-nya. Untuk menjawab itu, kami selalu menghadirkan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan."

Sejumlah inovasi yang dilakukan McDonald's, kata Michael, antara lain layanan Drive Thru yang jumlahnya kini sudah mencapai 60-an dan akan terus ditambah, menu sarapan, layanan delivery yang dapat dipesan lewat situs McDonald's, hingga pembayaran cashless seperti via mesin EDC. "Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan Mobile Apps untuk pemesanan McDonald's yang dapat dibayar secara cashless. Ini semua karena kami ingin menjawab perubahan dan tuntutan konsumen," tambahnya.

Sementara itu, terkait Ulang Tahun peraknya, McDonald's akan menggelar program apresiasi kepada para pelanggannya. Di antaranya, peluncuran kembali jingle lawasnya, "Mana Lagi Selain di McD", dengan menggandeng Maliq & D'Essentials sebagai penyanyinya. Jingle yang popular pada era 90-an itu, kembali diputar di seluruh gerai McDonald's dan di berbagai stasiun radio mulai tanggal 9 Februari 2016.

Kegiatan lainya jelang ulang tahun ke-25 McDoland's adalah mentraktir konsumen yang beruntung. "Secara acak, manajemen dan kru restoran mekilih 25 konsumen beruntung yang sedang memesan produk di counter untuk memberikan tantangan. Tantangannya adalah menyanyikan jingle iklan 'Mana Lagi Selain di McD'. Mereka yang berhasil mengikuti tantangan akan mendapatkan gratis makanan pesanannya. Program ini akan berlangsung di seluruh gerai selama tiga jam," tutur Michael.

Tak tanggung-tanggung, di hari jadinya itu, McDonald's juga membuat microsite khusus yang dapat diakses mulai Januari hingga Desember 2016. Sepanjang tahun 2016, tutur Michael, pengunjung dapat mengikuti kompetisi Berbagi Cerita #25tahunMcD, dengan mengunggah foto, video, atau cerita tentang kenangan mereka yang dialami bersama McDonald's di www.25tahun.mcdonalds.co.id.

Memasuki acara puncak, McDonald's siap menggelar aktivasi merek dengan format parade. Untuk acara itu, katanya, McDonald's akan mengusung tema "Bring Back Lovin' Memories". Acara akan digelar pada 28 Februari 2016 di acara car free day. Parade akan diramaikan oleh ikon McDonald's, Ronald, komunitas CFD (seperti low rider bike, BMX Free Style, Skateboard, dan sepeda ontel), serta penampilan Maliq & D'Essentials.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Empat Kesalahan yang Seringkali Dilakukan Startups

Sebagai pemula yang minim biaya marketing, startup dituntut untuk jeli merancang strategi marketing mereka. Seringkali hidup-mati startup ditentukan oleh strategi...

Close