Menyikapi Pasar Home Appliances di 2018

Pasar home appliances di Indonesia pada tahun 2017 lalu tercatat stabil. Meskipun, kondisi pasar elektronik saat itu terhitung melambat alias lesu. Data Gabungan Elektronik Indonesia (Gabel) mencatat bahwa tren penjualan produk elektronik pada tahun 2017 tidak sebaik tiga sampai empat tahun sebelumnya. Industri elektronik mulai melambat sejak dua tahun terakhir. Pada 2016 misalnya, penjualan elektronik nasional bahkan turun sampai 15% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Begitu juga pada kuartal pertama 2017, yang turun sekitar 10% atau setara dengan Rp 10 triliun.

Meski tahun lalu pasar belum membaik, LG Electronics Indonesia memprediksikan pasar home appliances di Tanah Air akan terus tumbuh di tahun 2018. "Minat pasar pada produk home appliances stabil di tahun-tahun sebelumnya, dan kami berharap tahun ini akan menjadi tahun yang baik untuk home appliances," harap Winardi Cristian, Team Head Home Appliance LG Electronics Indonesia.

Diakui Winardi, tantangan untuk LG Home Appliances di tahun 2018 ini adalah bagaimana dapat terus memenuhi kebutuhan pasar, menyesuaikan pada kebutuhan konsumen atas produk yang berkualitas tinggi, dan mampu memberikan performa yang terbaik. "Mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek LG di Home Appliances adalah tantangan terbesar kami dan kami optimis dapat menjawab tantangan tersebut di tahun ini," yakinnya.

Guna menjawab tantangan di tahun ini, dikatakan Winardi, strategi yang terus diterapkan LG untuk home appliances adalah inovasi tanpa henti, guna memenuhi kebutuhan pasar dan konsumen. "Oleh karena itu, kami fokus di R&D (Research & Development) untuk menghasilkan produk yang terbaik dalam kualitas dan performa, dengan harga terjangkau untuk konsumen Indonesia. LG juga akan terus berinovasi tanpa henti sesuai dengan kebutuhan pasar dan memastikan level service yang terbaik untuk konsumen," tuturnya.

Salah satu langkah inovasi yang dilakukan LG di tahun 2018 ini adalah dengan meluncurkan produk Smart Inverter di line-up mesin cuci. "Setelah ini, kami akan terus menghadirkan produk dengan inovasi lain, yang fokus pada connected device dan efisiensi energi," ujarnya.

Melalui strategi itu, LG menargetkan produk-produk home appliances untuk terus tumbuh positif di tahun 2018. "Itu artinya, meneruskan tren positif yang LG capai di tahun-tahun sebelumnya, dan tetap menjadi merek home appliances nomor 1 bagi konsumen Indonesia," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Seksinya Nilai Belanja Iklan Mobile

Lebih dari 51% lalu lintas situs web berasal dari smartphone. Tak mengherankan, jika smartphone menjadi perangkat selular terpopuler untuk para...

Close