Nestlé Luncurkan Kampanye “Ayo Bangun Indonesia”

Memperingati Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2018 setiap 14-20 Februari, Nestlé kembali menggelar kampanye Ayo Bangun Indonesia untuk mengajak masyarakat menerapkan kebiasaan sarapan sehat dengan gizi seimbang.

Kampanye dilatarbelakangi masih banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa sarapan. Selain itu, kualitas sarapan yang dikonsumsi, seperti kandungan energi, protein, vitamin dan mineralnya juga masih belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Data pada 2012 menunjukkan bahwa 17-59% siswa sekolah dan remaja serta 30,2% wanita dewasa tidak terbiasa sarapan. Untuk kualitas sarapan, 45% anak sekolah belum memenuhi kebutuhan gizi sarapan, 70% belum memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sarapan, serta 90% belum memenuhi kebutuhan serta sarapan,” papar ahli nutrisi Ahli nutrisi dan ketua PERGIZI PANGAN Indonesia, Hardinsyah kepada media di Jakarta, baru-baru ini.

Dianjurkan sarapan sehat dan gizi seimbang adalah jenis makanan yang memiliki karbohidrat, protein (lauk pauk), sayur, buah dengan minuman air putih, susu, kopi, teh atau jus; jumlah pangan memenuhi sekitar ¼ kebutuhan gizi harian; dan jadwal sarapan adalah dua jam setelah bangun tidur (sebelum jam 9 pagi).

Kebiasaan sarapan di kalangan siswa sekolah dasar, diakui semakin meningkat selama lima tahun terakhir. “Semakin banyak keluarga Indonesia yang mendapatkan manfaat sarapan, mulai dari meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak, menanamkan kebiasaan disiplin, mempertahankan status gizi normal, hingga menurunkan risiko kejadian beberapa penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung koroner dan stroke,” imbuh Hardinsyah.

Untuk semakin mendorong masyarakat menerapkan kebiasaan sarapan sehat, kampanye Ayo Bangun Indonesia 2018 menghadirkan berbagai program edukasi sarapan yang dapat diakses melalui situs Sahabat Nestlé, seperti artikel, tips, resep sarapan sehat dan live chat bersama para ahli.

"Tahun ini, kami menghadirkan Nestlé Breakfast Box sebagai solusi praktis bagi keluarga Indonesia dalam menerapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang,” ujar Market Nutritionist Nestlé Indonesia Eka Herdiana. Kampanye serupa telah diluncurkan tahun lalu.

Penyelenggaraan Ayo Bangun Indonesia 2018 juga diramaikan dengan peluncuran buku ‘Mitos & Fakta Sarapan’ yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerja sama dengan Nestlé Indonesia. Buku yang dapat diunduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 Maret 2018. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)