Pegawai Kemenkeu Ikuti Pelatihan Transformasi Digital di Harvard

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjalin kerjasa sama dengan Rajawali Foundation untuk meningkatkan kapasitas pegawai di bidang transformasi digital bagi pemerintahan.

Hal tersebut diimplementasikan dengan mengikutsertakan 18 pegawai Kemenkeu yang telah diseleksi secara ketat dalam program pendidikan eksekutif non-gelar “Digital Transformation in Government: Innovating Public Policy and Services”di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat. Pelatihan terbagi dalam dua tahap yang masing-masing diikuti oleh 9 peserta. Tahap pertama akan dilaksanakan pada bulan November 2018, sedangkan tahap kedua pada bulan Februari 2019.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya mewujudkan reformasi birokrasi agar mampu menjawab berbagai tantangan dunia terkini yang disebabkan oleh ketidakpastian dan perubahan yang konstan.

Reformasi birokrasi Kemenkeu, diakuinya, berfokus pada transformasi kelembagaan yang bertujuan untuk mereformulasi dan mengintegrasikan proses bisnis, data, dan aplikasi dengan teknologi informasi ke dalam sebuah platform digital.

Agar mampu berperan optimal, Kemenkeu meningkatkan kapasitas para pegawai di bidang transformasi digital dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para pegawai yang terlibat langsung dalam upaya transformasi digital,” ungkap Hadiyanto pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemenkeu dan Rajawali Foundation di Hotel Borobudur, Jakarta, baru-baru ini (5/9).

Dalam rangka pembekalan seluruh peserta pelatihan, Rajawali Foundation menggandeng Civil Service College dan Temasek Foundation Connect dari Singapura untuk menyelenggarakan Pre-Departure Workshop yang bertujuan memberikan wawasan awal tentang transformasi digital dan pembelajarannya dari negara lain.

Singapura dipilih mengingat di Asia Tenggara, negara ini telah terlebih dulu menerapkan transformasi digital dibidang pemerintahan dengan cukup baik, sehingga diharapkan dapat berbagi keberhasilan dan risiko yang dihadapi dalam melakukan transformasi digital.

Direktur Rajawali Foundation Agung Binantoro menjelaskan bahwa kegiatan pendidikan dan pelatihan di Harvard Kennedy School tersebut merupakan bagian dari Rajawali Leadership Program (RLP).

RLP merupakan program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik, yang diselenggarakan oleh Rajawali Foundation bersama Harvard Kennedy School,” tandas Agung.()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)