Pengguna Aktif Harian Facebook Tembus 1,04 Miliar

Tahun lalu, 2015, sepertinya menjadi tahun keberuntungan bagi Facebook. Dibandingkan platform social media lainnya, Facebook sanggup memetik sukses di tahun lalu. Tengok saja pencapaian kuartal ke empat (Q4) 2015 yang baru saja dirilis hari ini. Pada kuartal terakhir tahun lalu, pengguna Facebook di semua lini mengalami pertumbuhan.

facebook

Pengguna Aktif Harian atau Daily active users (DAUs) Facebook mencapai 1,04 miliar orang setiap harinya. Itu artinya, naik 17% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, pengguna Aktif Harian di Mobile atau Mobile DAUs Facebook rata-rata mencapai 934 juta pada bulan Desember 2015, alias naik 25% dibandingkan periode sebelumnya.

Pertumbuhan juga terjadi pada Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly active users (MAUs) Faebook yang mencapai 1,59 miliar pengguna setiap bulannya atau naik 14% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pengguna Aktif Bulanan di Mobile atau Monthly active users Mobile MAUs Facebook juga naik, yakni menjadi 1,44 miliar pengguna pada bulan Desember 2015, atau naik 21% dibandingkan periode sebelumnya.

Pengguna Facebook Lite ternyata juga menunjukkan kinerja yang menggembirakan. Lebih dari 80 juta pengguna juga memakai aplikasi Facebook Lite pada bulan Desember 2015. Menariknya, untuk pertama kalinya lebih dari 1 miliar orang menggunakan Group setiap bulannya di Facebook.

Tak hanya Facebook yang mengalami pertumbuhan, ternyata platform social media dan messenger lain yang telah diakuisisi Facebook--Instagram dan WhatsApp-- juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada Q4 2015, semakin banyak pengguna yang mengakses Instagram.

Pada bulan September lalu, Facebook mengumumkan pencapaian Instagram dengan 400 juta pengguna aktif bulanan. Sementara WhatsApp, menutup tahun 2015 dengan hampir 1 miliar pengguna aktif bulanan. Bahkan, lebih dari 800 juta pengguna kini menggunakan Messenger.

Pada tahun 2015, Facebook meluncurkan layanan internet dasar gratis (Free Basics) bagi masyarakat di 33 negara. Hasilnya, Facebook telah berhasil membuat 19 juta orang terkoneksi secara online.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Read previous post:
Apa Kata Gaikindo Soal Tutupnya Ford Indonesia?

Kabar duka kembali datang dari industri otomotif Tanah Air. Setelah tahun 2015 lalu GM (General Motors) memutuskan untuk menutup pabriknya...

Close