Pentingnya Perusahaan Memonetisasi Konten Video

Studi pemasaran dan periklanan Statista menunjukkan bahwa pendapatan dari periklanan digital berbasis video diproyeksikan mencapai US$308 juta atau setara Rp 4,3 triliun pada tahun ini. Lebih lanjut, tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan (CAGR) periklanan berbasis video mencapai 25,9% dan akan mencapai US$775 juta hingga 2022 mendatang.

Peluang itulah yang dimanfaatkan penyedia konten PT Mitra Media Integrasi (MIX Network) dengan menjalin kerja sama dengan platform monetisasi dan jejaring konten video, uCast. Platform global uCast mencakup semua komponen yang dibutuhkan, mulai dari infrastruktur, peranti monetisasi video, sarana pertukaran konten dengan cakupan global, dan kemampuan menghantarkan konten ke peranti bergerak.

Dituturkan Rex Wong, CEO uCast, "Platform uCast memungkinkan para pemilik konten di Indonesia untuk mengakses pasar global dalam rangka akuisisi dan distribusi konten. Melalui platform kami, mereka dapat memonetisasi konten video melalui iklan dan layanan berlangganan."

Menurutnya, pasar periklanan digital berbasis video dapat menjadi potensi sumber pendapatan baru bagi perusahaan media. Statista memperkirakan rata-rata pendapatan per pengguna dari segmen periklanan video diperkirakan mencapai US$2,74 per orang.

"Konsumsi iklan berbasis video oleh konsumen Indonesia menunjukkan kecenderungan yang meningkat, hingga lebih dari 300% pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Pada periode yang sama, pertumbuhan belanja iklan video juga meningkat hingga lebih dari 700%," papar Rex Wong.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melalui uCast Platform, para penyedia konten di Indonesia kini memiliki akses untuk mendistribusikan konten mereka ke lebih dari 1 miliar pemirsa global, baik online maupun pengguna peranti bergerak (mobile). "Salah satu keunggulan uCast adalah sistem teknologi penyampaian konten yang dapat dinikmati oleh masyarakat melalui teknologi seluar berbasis 2G atau GPRS, yaitu dengan kecepatan internet yang terbatas hanya sekitar 32 kbps," ujarnya.

Bimo Setiawan, Co-Founder dan Chairman MIX Network, menambahkan, “Konten video yang diproduksi oleh penyedia Indonesia sangat menarik bagi pemirsa gobal. uCast ini memungkinkan kami mendistribusikan konten-konten berkelas dunia kepada basis pemirsa yang lebih luas, baik di Indonesia maupun dunia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)