Philanthropy Ala Fair & Lovely

Fair & Lovely, brand PT Unilever Indonesia meluncurkan program philanthropy dalam bentuk beasiswa bertajuk ”Fair & Lovely Bintang Beasiswa”. Melalui kerjasama dengan Hoshizora Foundation, mereka menyediakan beasiswa bagi 50 wanita muda berprestasi Indonesia yang memiliki aspirasi, motivasi, dan prestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi, namun tidak mampu secara finansial, sehingga nantinya mereka dapat menggapai impiannya  layaknya wanita modern masa kini.

       Berbagai teori CSR menyebutkan, keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan dari pelaksanaan corporate/brand philanthropy adalah meningkatkan reputasi perusahaan/brand, memperkuat masa depan perusahaan melalui penciptaan citra baik di mata publlik serta memberi dampak bagi penyelesaian masalah sosial dalam komunitas lokal.

       Sesuai penjelasan dari pihak PR Unilever Indonesia, Fair & Lovely adalah brand yang  diinginkan bisa menginspirasi wanita untuk lebih mandiri dan mengatasi segala keraguan mereka melalui pemberdayaan wanita secara ekonomi sehingga mampu memberikan dampak positif untuk masyarakat. Faktanya, menurut  Fiona Anjani Foebe, Head of Marketing Face Care PT Unilever Indonesia Tbk., 64% dari 200 wanita Indonesia yang mereka survei, masih menyatakan keraguannya untuk mengejar mimpi.

       ”Lingkungan yang kurang mendukung dan masalah finansial menjadi beberapa penyebabnya. Padahal, di dunia yang kini semakin memberdayakan wanita, mereka harus termotivasi untuk maju dan menunjukkan potensinya,” ungkap  Fiona.

       Sayangnya, upaya wanita untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi atau akses untuk bisa menambah wawasan, seringkali terkendala berbagai faktor. Antara lain ketidakmampuan ekonomi keluarga dalam menopang biaya pendidikan yang kemudian menurunkan motivasi untuk belajar. ”Mereka yang tidak mampu melanjutkan pendidikan terpaksa mengubur keinginan mereka untuk mengejar mimpi. Akibatnya angka putus sekolah di Indonesia masih terhitung tinggi,” papar Reky Martha M.A, psikolog pendidikan yang juga merupakan Co-founder & President dari Hoshizora Foundation.

       Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa yang pertama ini merupakan hasil kerjasama dengan Hoshizora Foundation, mitra yayasan non-profit yang mempunyai misi menyalurkan bantuan finansial pendidikan bagi yang membutuhkan. Untuk menerima beasiswa ini, akan dipilih 50 wanita muda yang memiliki aspirasi, motivasi, dan prestasi di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Universitas yang dituju adalah Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Solo, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Malang dan Universitas Brawijaya Malang.

       Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dipilih berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS)2016 yang menyebutkan bahwa Jawa Tengah menjadi provinsi kedua terendah dalam angka partisipasi kasar perguruan tinggi yaitu 16,48%, sedangkan Jawa Timur merupakan yang kedua terendah di Pulau Jawa dengan 23,52%. Perempuan Indonesia pada wilayah tersebut juga masih berpotensi tinggi menikah sebelum berumur 18 setiap tahunnya.

       Selain dalam bentuk beasiswa, selama empat tahun Fair & Lovely akan memberikan pembekalan untuk para penerima beasiswa berupa pendampingan. Pembekalan ini dipandang akan sangat bermanfaat untuk mendukung program pendidikan dan juga masa depan mereka di dunia kerja nantinya. Pendampingan meliputi pembekalan untuk mendukung program kuliah di tahun pertama dan kedua. Pada tahun ketiga, pendampingan diberikan dalam bentuk Community Engagement untuk pengabdian kembali ke masyarakat. Dan pada tahun terakhir, target akan diberikan Career Building untuk membantu mempersiapkan terjun ke lapangan pekerjaan.

       Pendaftaran program Fair & Lovely Bintang Beasiswa dibuka sampai akhir Maret 2017 di kantor kesekretariatan Hoshizora Foundation. Dari formulir yang masuk, selanjutnya akan dilakukan wawancara pada Mei dan Juni 2017. Beasiswa Fair & Lovely akhirnya akan diberikan di Juni dan Juli 2017 untuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun pertama dan dilanjutkan dengan program pendampingan untuk pengembangan kemampuan diri di tahun-tahun berikutnya. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat.

       Menurut Reky, program dukungan pendidikan ini sangat relevan karena sekarang wanita muda Indonesia—sebagai bagian dari generasi millennials, lebih terdorong untuk menunjukkan potensi dalam diri mereka, berani menjalani berbagai peranan dalam hidup mereka, dan mengikuti passion yang mereka miliki. Upaya ini juga turut dianggap sebagai satu itikad yang bermanfaat oleh  brand ambassador Fair & Lovely Shireen Sungkar.

            Secara khusus Fione berharap program ’Fair & Lovely Bintang Beasiswa’ dapat mendukung para wanita muda mengubah dirinya secara positif untuk menjadi lebih baik, memancarkan kecantikan luar dan dalam. ”Kami juga berharap program ini menginspirasi seluruh wanita muda Indonesia dan berlanjut di tahun-tahun berikutnya agar pada akhirnya tercipta generasi wanita modern Indonesia yang cerah, cemerlang dan siap membangun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)