Potensi Jaringan 5G Bagi e-Commerce

Berdasarkan data Perhitungan Point of Sales (POS) GfK, menunjukkan bahwa penjualan smartphone 4G di Indonesia mencapai 20 juta unit di tahun 2016, dibandingkan dengan 5,5 juta unit di tahun 2015. Melihat potensi tersebut, tak heran jika jaringan 5G sudah tersedia dan diprediksi juga akan segera menguasai pasar.

Jaringan 5G

Jaringan 5G

“Jika Anda berpikir bahwa jaringan 4G LTE adalah suatu kemajuan besar dari jaringan 3G, bersiaplah untuk jaringan 5G, karena jaringan 5G akan menghadirkan terobosan besar bagi kemampuan seluler. Salah satu fitur utama dari jaringan 5G adalah latensi rendah, yang berarti semakin singkatnya jeda dalam mengirim dan menerima pesan antara perangkat dan jaringan,” ungkap Sagar Tamang, Technology Industry Group Leader untuk APAC, GfK Asia.

Sementara jaringan 4G LTE telah menghadirkan berbagai fitur favorit seperti layanan berbasis lokasi dan video streaming kepada para pemasar, jaringan 5G akan melakukan revolusi e-commerce dan membuka peluang-peluang bisnis baru dengan teknologi yang dimilikinya.

Sebagai permulaan, AR/VR memiliki potensi untuk mendorong ritel fisik dan online. IKEA misalnya, yang telah membuat aplikasi katalog dengan teknologi AR untuk membantu para pelanggan memvisualisasikan bagaimana furnitur IKEA yang mereka pilih akan cocok dan terlihat seperti apa di rumah mereka. Selain itu, merek Converse, Uniqlo dan Adidas juga telah mencoba teknologi AR (augmented reality) untuk membantu para pelanggan mencari produk yang paling tepat.

Para pelaku ritel yang melakukan eksplorasi teknologi VR/AR dapat menguji konsep took mereka dengan mengukur hubungan emosional para konsumen dan mendapatkan komentar terhadap konsep atau produk mereka sebelum diimplementasikan. Wawasan ini akan melengkapi para pelaku ritel dalam memberikan inovasi terbaik, yang pada akhirnya dapat mendorong adopsi jangka panjang pada konsumen dan dampak pasar yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Promosi Destinasi Wisata Melalui KULFEST-Festival Kampoeng Nusantara

KULFEST-Festival Kampoeng Nusantara siap digelar pada 24-26 November 2017 mendatang, di Bendung Khayangan, Kulon Progo-Yogyakarta. Festival yang digagas oleh seniman...

Close