Program Berita Jadi Spot Incaran Iklan Perusahaan Digital

Nielsen TV Adex_17 May 2016 Berdasarkan penemuan Nielsen Advertising Expenditur sepanjang kuartal pertama 2016 (Januari-Maret 2016), produk yang membidik target konsumen dengan gaya hidup tertentu cenderung mengalokasikan anggaran iklan yang lebih besar pada jenis program Informasi dan Berita. Traveloka.com adalah brand dengan angka belanja iklan terbesar untuk spot program Informasi dan Berita di sepanjang kuartal pertama 2016 sebesar Rp 103 Miliar. Traveloka mengalokasikan 74% dari total belanja iklannya ke program informasi dan Berita. Karena, berdasarkan profil potensial market Traveloka, mereka adalah pengguna internet yang suka traveling. Sebanyak 81% diantaranya berusia 20-49 tahun; 65% diantaranya adalah laki-laki; dan 80% diantaranya berasal dari kelas ekonomi atas. Berdasarkan profil tersebut, program Informasi dan Berita adalah spot potensial dan sangat kuat untuk menjangkau mereka, terutama yang berusia 30 tahun ke atas, laki-laki, dan di segmen ekonomi atas. Selain Traveloka, Telkomsel Internet Broadband dan Tokopedia juga merupakan brand atau produk yang beriklan di program Informasi dan Berita pada kuartal pertama 2016. Belanja iklan mereka masing-masing Rp61 miliar dan Rp46 miliar. "Perusahaan digital saat ini, terutama perusahaan start-up cenderung masih mengutamakan awareness dalam strategi komunikasinya. Itu sebabnya, Traveloka dan Tokopedia sampai saat ini masih gencar beriklan di TV karena objektif mereka adalah awareness dengan reach market yang lebih luas. Namun, sebagai perusahaan berbasis digital mereka juga tetap memanfaatkan digital media untuk beriklan dan mempercepat jangkauan mereka terhadap user di internet. Jadi, dengan dua jenis media tersebut, komunikasi mereka bisa semakin kuat dan menjadi top of mind di masyarakat," kata Hellen Katherina, Direktur Media Nielsen Indonesia. Produk-produk dengan target pasar yang lebih umum atau mass product juga termasuk dalam kontributor iklan utama di program-program Informasi dan Berita. Seperti Indomie sebesar Rp94 miliar, Sedaap Rp79 miliar, dan Top Kopi Susu Kental Manis Rp66 Miliar. Sementara, produk yang ditujukan untuk gaya hidup tertentu juga mengalokasikan budget iklan lebih besar di program Informasi dan Berita. Beberapa diantaranya Vanish OXI Action Rp59 miliar, Fitbar Snack Rp 57 miliar, dan Tropicana Slim Rp 49 miliar.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Gencar Penetrasi Pasar, Ini Tiga Strategi yang Diusung Semen Merah Putih

Sejak kehadirannya di pasar semen nasional pada tahun 2012 lalu, merek Merah Putih tumbuh progresif. Dalam kurun empat tahun, pertumbuhan...

Close