Raih Belanja Iklan TV Rp 747 Miliar, Inilah Top 5 Spender di Asian Games 2018

Tak hanya opening dan closing ceremony Asian Games 2018 yang mampu membetot perhatian masyarakat Indonesia dan dunia. Namun, sepanjang Asian Games 2018 berlangsung (18 Agtustus-2 September 2018) di Jakarta dan Palembang, trend jangkauan (Reach) tayangan Asian Games tercatat terus meningkat. Nielsen merilis, acara Asian Games 2018 berhasil menjangkau sampai dengan 85,4% penonton televisi.

Lantas, bagaimana dengan total belanja iklan yang berhasil dicetak selama tayangan Asian Games 2018 berlangsung? Merujuk data Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel), sepanjang pagelaran ajang olahraga terbesar se-Asia itu berhasil menghimpun total belanja iklan lebih dari Rp 747 Miliar.

“Total belanja iklan itu adalah yang total belanja iklan pada media televisi saja, tidak termasuk iklan pada media lainnya dan belum termasuk iklan-iklan luar lapangan, seperti billboard, dan sebagainya,” Hellen Katherina, Executive Director Media Business Nielsen Indonesia.

Terkait kategori produk yang aktivitas beriklannya meningkat datang dari kategori produk Online Service dengan belanja iklan sebesar Rp 150,2 miliar. Disusul oleh kategori produk Layanan dan Perangkat Komunikasi dengan belanja iklan sebesar Rp 76,8 miliar, kategori Minuman Berenergi dengan belanja iklan sebesar Rp 50,7 miliar.

Pada urutan keempat dan kelima untuk pembelanja iklan terbesar di sepanjang Asian Games 2018 adalah kategori produk Layanan Masyarakat dengan belanja iklan sebesar Rp 39,6 miliar dan kategori produk Korporasi Perbankan dengan belanja iklan Rp 36,7 miliar.

Lalu, siapa merek yang paling banyak beriklan di TV pada sepanjang Asian Games 2018? Ada lima merek besar yang tercatat sebagai pembelanja iklan tertinggi, di mana kelimanya adalah merek-merek yang mensponsori Asian Games 2018. Dan. Bukalapak.com tercatat sebagai pembelanja iklan tertinggi pertama, dengan jumlah belanja iklan sebesar Rp 102,9 miiliar. Diikuti oleh Grab di posisi keduam dengan belanja iklan Rp 28,7 miliar.

Selanjutnya, ada Telkomsel dengan total belanja iklan Rp 27,9 miliar. Pengiklan terbesar keempat adalah Samsung dengan total belanja iklan sebesar Rp 25 miliar. Dan, di urutan kelima adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan total belanja iklan Rp 21,9 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)