Shopee Luncurkan Program 'Kreasi Nusantara' untuk UMKM Lokal

Perusahaan e-commerce Shopee meluncurkan “Kreasi Nusantara” dalam rangka mendukung talenta dan produk-produk lokal asli Indonesia. Kreasi Nusantara adalah sebuah program yang didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, antara lain fesyen, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

shopee

Prosesi peluncuran Shopee Kreasi Nusantara pada Rabu (27/2) di Jakarta, yang dihadiri Iwet Ramadan, Co Founder JKT Creative; Herustiati, Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM; I Gusti Ketut Astawa, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan; Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika; dan Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia.

Dikatakan Chris Feng, CEO Shopee, program Kreasi Nusantara diluncurkan sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional.

“Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara untuk memberikan wadah bagi UMKM menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya mereka. Program ini juga memberikan ragam pilihan produk unik asli Indonesia bagi para pengguna di 515 kota dan kabupaten di Indonesia,” katanya.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian yang turut hadir dalam peluncuran Kreasi Nusantara mengatakan, "Perkembangan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang terus meningkat salah satunya e-commerce yang merupakan produk ekonomi digital paling berkembang di Indonesia. Kami mendukung inisiatif Kreasi Nusantara yang diusung oleh Shopee yang tentunya akan memperkuat dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha lokal di Indonesia."

Sementara, Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM menyambut positif peluncuran Kreasi Nusantara. “Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3,79 juta pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce termasuk Shopee, sehingga besar harapan kami para pelaku UKM mampu memaksimalkan penggunaan platform Kreasi Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal”.

Shopee juga turut menggandeng Iwet Ramadhan melalui JKT Creative di program Kreasi Nusantara. Dengan membuka toko JKT Creative di Shopee, diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi titik awal lahirnya lebih banyak pelaku UMKM di Kreasi Nusantara. Lebih jauh lagi, JKT Creative akan berkolaborasi untuk mendesain batik eksklusif Shopee termasuk menjalankan kegiatan yang ditujukan bagi UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)