Skyegrid Tawarkan Solusi untuk Segmen Gamer

Studi Newzoo mengungapkan, pemain game mobile di Asia Tenggara--termasuk Indonesia-- telah mencetak pendapatan sebesar US$ 1,4 miliar (Rp 18,7 triliun) sepanjang tahun 2016. Angka tersebut diprediksi akan terus betumbuh dengan pendapatan mencapai US$ 4 miliar (Rp 53,6 triliun) pada tahun 2019 medatang.

Studi tersebut juga menemukan fakta bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah gamer terbanyak yang bermain di perangkat mobile dan PC. Sebanyak 61% gamer Indonesia aktif bermain game di lebih dari dua platform setiap bulannya. Adapun 46% gamer Indonesia dipastikan bermain game di perangkat mobile dan PC.

Peluang itulah yang turut ditangkap oleh para startup lokal. Salah satunya, Skyegrid, startup buatan muda-mudi asal Indonesia. Pada awal Agustus ini (9/8), Skyegrid resmi meluncurkan solusi berupa platform game streaming berbasis Cloud, atau populardisebut Cloud Gaming. Patform tersebut memungkinkan siapa saja untuk bermain game triple A ("AAA") dari apapun perangkat yang dimilikinya—termasuk laptop kerja biasa berbasis Windows, Macbook, dan iMac, bahkan ponsel Android. Ha itu membuat Skyegrid menjadi platform Cloud Gaming Android pertama di Indonesia.

"Selama ini, untuk memainkan game triple A, kita membutuhkan konsol game, misalnya PlayStation, Xbox, atau PC berspesifikasi tinggi. Tapi, tidak semua orang mampu membelinya. Inilah alasan saya dan teman-teman tergerak untuk menciptakan solusi bernama Skyegrid," tutur Rolly Edward, CEO Skyegrid, dalam Peluncuran 'Skyegrid' di Balai Kartini, Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk memainkan sebuah game tanpa Skyegrid, seseorang harus membeli sebuah konsol game, misalnya Sony PlayStation 4 (500 GB) seharga Rp 3,5 juta, lalu perlu satu unit TV yang harga rata-ratanya Rp 2,5 juta untuk ukuran 32 inci, belum lagi game-nya yang rata-rata seharga Rp 300 ribu.

"Jika ditotal, seseorang tersebut harus merogoh kocek Rp 6,3 juta, hanya untuk memainkan satu game. Ia perlu menambah Rp 300-500 ribu lagi setiap kali ingin bermain game baru. Investasi untuk bermain game terasa sangat mahal bagi sebagian orang. Sebab itu, kami akan mengubah cara pandang orang tentang bermain game dengan Skyegrid," tambahnya.

Dengan berlangganan Skyegrid, klaimnya, siapapun bebas memilih untuk bermain di platform yang mereka mau, selama itu OS Android (ponsel pintar, tablet), Windows (laptop, desktop PC), Mac OSX (Macbook, iMac, Mac Mini), sampai Xbox One.

"Bagi pengguna perangkat Android atau Android TV, Anda bisa mengunduh Skyegrid di Play Store. Begitu pun pengguna laptop atau PC Windows 10, unduh Skyegrid di Microsoft Store, termasuk pengguna Xbox One. Sedangkan pengguna Macbook dan iMac berbasis Mac OSX, silakan unduh Skyegrid langsung dari App Store. Sementara untuk pengguna Windows 7 ke bawah, Linux, dan Macbook jadul, Anda bisa memainkan game-game di Skyegrid langsung dari browser Google Chrome. Cukup buka www.skyegrid.id," paparnya.

Pada tahap awal, Skyegrid menyediakan lebih dari 50 judul game AAA terpopular di Indonesia, dari sekitar 25 publisher game ternama dunia. Di antaranya, Ubisoft, CD Projekt, Epic Games, 2K, dan masih banyak lagi. Jumlah tersebut akan terus ditambah sampai 120 judul game favorit di Indonesia hingga akhir tahun ini.

Ke depannya, pelanggan Skyegrid juga akan dapat menikmati game-game AAA buatan pengembang lokal. Salah satu yang ikut mendukung adalah Digital Happiness, studio game kesohor asal Bandung yang mengembangkan game horor yang sempat viral secara global pada pertengahan tahun 2014 silam berjudul DreadOut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)