Strategi Sukses Xiaomi di Indonesia

Memasuki tahun ke-delapan, Xiaomi mengalami pencapaian-pencapaian yang signifikan. Setelah resmi melantai di bursa efek Hongkong pada awal Juli 2018 lalu, tahun ini Xiaomi juga sukses menjadi merek smartphone terbesar ke-2 di Indonesia. Hal ini antara lain didukung oleh peluncuran seri Redmi 5 di Indonesia yang diklaim sukses menjadi 'the king' di entry level.

Lalu apa strategi sukses Xiaomi di Indonesia? Pertama, setelah sukses membawa Redmi 5 di Indonesia, kali ini Xiaomi konsisten memperkuat posisinya di entry level, antara lain dengan meluncurkan Redmi 6 dan Redmi 6A. Menyasar entry level, kedua seri tersebut telah tersedia di Indonesia dan dibanderol seharga Rp1.999.000 dan Rp1.249.000.

Kedua, menghadirkan produk smart TV pertama kalinya di Indonesia, yaitu Mi TV 4A 32 inci. Produk ini tersedia untuk menghadirkan pengalaman smart TV kepada semua kalangan. Mi TV 4A hadir dengan interface yang user friendly, dan mengemas ribuan konten hiburan serta multimedia.

Diyakini Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia bahwa kehadiran Mi TV 4A ini akan menggebrak industri TV di Indonesia. "Selain itu, peluncuran Mi TV 4A juga turut menghadirkan gelombang adopsi baru untuk smart TV di Indonesia," ujarnya saat peluncuran pada Selasa (4/9) di Jakarta.

Ketiga, untuk memperluas jangkauan pasar serta distribusi, Xiaomi juga berencana ekspansi. Sampai  akhir tahun ini, Xiaomi Indonesia berencana akan menambah gerai Mi Store di seluruh Indonesia, sehingga jumlahnya akan ada lebih dari 40 gerai serta lebih dari 50 gerai service center Xiaomi.

Keempat, kunci sukses Xiaomi di Indonesia juga tak lepas dari brand engagement antara Xiaomi dengan komunitasnya yang disebut dengan Mi Community atau disingkat MiComm, yang terdiri dari para Mi Fans, sebutan para pemilik ponsel Xiaomi. Sampai saat ini jumlah MiComm Indonesia ada 879.963 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk memperkuat engagement, Xiaomi juga menggelar event khusus untuk MiComm, yaitu Mi Pop yang untuk pertama kali diadakan di Jakarta tahun ini. Melihat antusiasme kekompakan para Mi Fans, Xiaomi juga berencana kembali menggelar Mi Pop di beberapa kota besar lain, di antaranya Jogjakarta dan Banjarmasin.

Tags:
MiComm Xiaomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)