Tak Hanya Pariwisata, Gerhana Matahari Total juga Dongkrak Trafik Data di Indonesia

Gerhana Matahari Total (GMT) yang hanya terjadi di wilayah Indonesia pada Rabu kemarin, rupanya tak hanya berdampak pada sektor pariwisata. Namun, juga berdampak pada kinerja operator selular di Indonesia. Kebiasaan konsumen Indonesia yang gemar berbagi foto atau video di social media sudah diprediksi oleh sejumlah brand operator selular di Tanah Air. Mengingat, momentum Gerhana Matahari Total kali ini tercatat langka, lantaran hanya melintas di sejumlah daerah di Indonesia.

sains-alquran

XL, sebagai salah satu operator selular terbesar di Indonesia juga merasakan berkah dari peristiwa Gerhana Matahari Total. Ya, pelanggan XL banyak yang mengunggah dan mengunduh materi foto dan video Gerhana Matahari Total dengan kapasitas yang besar. Hal itu sangat terlihat dari trafik di jaringan 2G, 3G, dan 4G yang meningkat hingga sebesar lebih dari 40 % dibandingkan trafik rata-rata di hari biasa, baik uplink maupun downlink.

Chief Service Management Officer XL Yessie D. Yosetya mengatakan, “Seperti yang telah kami prediksi, fenomena GMT akan diabadikan oleh masyarakat luas, lalu mereka akan berbagi foto dan videonya mengenai gerhana tersebut ke mana saja. Selain GMT-nya sendiri, saya kira besarnya minat masyarakat untuk mengabadikan dan membagi foto dan videonya secara serentak di waktu yang hampir berbarengan ini merupakan salah satu fenomena tersendiri di era serba digital saat ini.”

Atas pertimbangan prediksi kebutuhan kapasitas jaringan yang memadai tersebut, menurut Yessie, maka sejak jauh-jauh hari XL sudah menyiapkan jaringannya. "Optimasi jaringan kami lakukan di semua area yang menjadi perlintasan GMT, terutama di area-area yang ditetapkan menjadi lokasi pengamatan yang akan didatangi wisatawan," ucapnya.

Kenaikan trafik XL yang mencolok terlihat di beberapa area yang menjadi lokasi pengamatan utama GMT, antara lain di Belitung dan Palembang. Kedua area tersebut memang menjadi lintasan GMT. "Di Palembang dan Palangkaraya terjadi kenaikan trafik lebih dari 30%, dan Balikpapan lebih dari 100%. Trafik data juga naik di Jakarta sebesar lebih dari 30%," lanjutnya.

Yang paling menarik, terang Yessie, di Belitung lonjakan trafik sangat mencolok terjadi pada layanan 4G LTE, yaitu hingga 3.350%. Untuk layanan 3G, trafik juga naik signifikan, yaitu mencapai 75%. Demikian juga pada pemakaian Data melalui jaringan 2G, trafik naik sebesar 85% di banding hari-hari biasa. "Khusus Belitung, sejak sepekan sebelumnya, XL telah menggelar layanan 4G LTE, terutama untuk meng-cover sejumlah lokasi wisata utama pulau tersebut yang sekaligus menjadi spot pengamatan GMT," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
2-Day Workshop: HUMANISTIC MARKETING – Karena hardselling tak dapat diandalkan secara konsisten

  2-Day Workshop: HUMANISTIC MARKETING Karena hardselling tak dapat diandalkan secara konsisten “87% responden di Jakarta, pria dan wanita 25-44...

Close