Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 136% Saat Lebaran

Tahun ini, Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136% menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari H Lebaran. Angka tersebut meningkat lebih dari 27% dibandingkan dengan hari normal selama 2017. Penggunaan layanan data paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan antara lain untuk mengakses social media (36%), disusul layanan video streaming (29%).

Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 136% Saat Lebaran

Menurut data Telkomsel, peningkatan trafik layanan data terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Wilayah Sumatera mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36%, sementara wilayah Jawa-Bali (meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32% jika dibandingkan dengan hari normal 2017. Namun secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek dan Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB (Terabyte), disusul dengan area Jawa-Bali yang mengonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte).

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran juga tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, exit tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka (Sulawesi Tenggara). Peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Berbeda dengan layanan data yang semakin diminati oleh banyak pelanggan sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi di hari lebaran, layanan suara dan SMS tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal. Trafik layanan suara turun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

Sementara itu untuk menjamin kelancaran komunikasi pelanggan selama peeriode lebaran, Telkomsel menyediakan jaringan di 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel juga menyiagakan sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Pentingnya Personalization in Marketing

“Personalization in marketing aims to make consumers feel like they truly have the most beautiful eyes in the world” (Will...

Close