Tumbuhkan Startup Lokal, Lintasarta dan UGM Bersinergi

Menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM), Lintasarta sebagai ICT Total Solution Company melakukan pengembangan co-working space di kawasan kampus UGM, yaitu Innovative Academy Hub. Co-working space tersebut untuk mengakselerasi kiprah startup-startup karya mahasiswa, dosen, alumni, serta masyarakat luas melalui Appcelerate Program.

Presiden Direktur Lintasarta Arya Damar mengatakan, co-working space itu dilengkapi dengan infrastruktur terbaik dan terpadu seperti high-speed internet, cloud untuk para startup, serta melibatkan para ahli dan praktisi yang akan berperan sebagai mentor untuk mendampingi start-ups dalam membangun bisnis berbasis solusi digital.

Dalam waktu dekat, Lintasarta dan UGM juga akan melaksanakan Innovative Academy Appcelerate Program, yaitu ajang penjaringan tim startup yang memiliki solusi permasalahan dalam bentuk inovasi produk atau aplikasi digital. Harapannya, aplikasi digital tersebut berpotensi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat dan dapat diterapkan untuk berbagai sektor industri, seperti smart city, banking, financial, oil and gas, plantation, manufacturing, ehealth, logistics, transportation, maritime, dan tourism.

'Innovative Academy Appcelerate adalah salah satu model social investment bekerja sama dengan UGM dalam pengembangan SDM dan menyediakan sarana aktualisasi bagi para inventor di Yogyakarta menjadi technopreneur," katanya.

Objektif dari kerja sama tersebut, lanjutnya, adalah juga untuk mendukung program pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang sedang gencar mendorong agar lembaga pendidikan mampu menghasilkan wirausahawan yang mampu memanfaatkan ekonomi digital dalam mengembangkan usahanya.

Arya juga berharap program social investment Lintasarta tersebut dalam jangka panjang akan membantu terciptanya ekonomi digital atau e-commerce. Dengan demikian, akan membuka lapangan kerja seiring dengan aktivitas ekonomi digital yang berbasis internet yang diharapkan terus meningkat setiap tahunnya.

Ditambahkan Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., sinergi UGM-Lintasarta diharapkan dapat menumbuhkan semangat socioentrepreneurial dan mendorong mahasiswa untuk menghasilkan berbagai solusi digital atas permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Innovative Academy Hub yang dibangun dengan dukungan Lintasarta sangat strategis keberadaannya untuk menjadi sebuah co-working space di lingkungan kampus yang memiliki iklim kondusif bagi berkembangnya inovasi digital yang memiliki potensi untuk dihilirkan dengan menggandeng industri," tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)