Upaya Yamaha Musik Menggenjot Pasar Keyboard di Indonesia

Pasar keyboard di Tanah Air tercatat terus bertumbuh tiap tahunnya. Hal itu seiring dengan makin maraknya industri musik di Indonesia. Fakta itulah yang membuat PT Yamaha Musik Indonesia (YMID), yang kini telah menguasai 80% pangsa pasar keyboard nasional, terhitung massif merilis produk-produk anyarnya.

Dan, demi menggenjot pangsa pasarnya di Tanah Air, pada pertengahan Maret ini (13/3), YMID meluncurkan dua seri keyboard barunya, yakni PSR-S975 dan PSR-S775. PSR (Porta Sound Regular) awalnya dikenal sebagai keyboard yang digunakan untuk alat hiburan di rumah. Terutama, untuk para pemula yang ingin mempelajari keyboard.

Semakin majunya industri hiburan di Indonesia, dikatakan President Director PT Yamaha Musik Indonesia, membuat YMDI terpicu untuk memproduksi seri-seri keyboard yang lebih canggih dengan suara yang seperti aslinya. Contohnya, suara piano, flute, hingga saxophone.

Untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia, YMDI telah menginstal Indonesian Legacy Pack (voice dan style Indonesia) pada dua seri terbarunya. “Di Indonesian Legacy Pack ada 36 voice dan 52 style untuk musik Batak Toba, Karo, Keroncong, Langgam Jawa Campursari, dan Dangdut,” papar Rully Qomarullah, Marketing Division PT Yamaha Musik Indonesia.

Pada Indonesian Legacy Pack, lanjut Rully, YMDI menggandeng penyanyi keroncong legendaris Indonesia Waldjinah, Cak Slamet New Palapa (Kendang), Barok (Suling), Dian (Tabla), Mardi Sembiring & Junianto Meliala (musik Karo), dan Korem Sihombing (musik Batak Toba).

“Untuk dua seri terbaru ini, kami menargetkan penjualan ribuan unit setiap bulannya,” ujar Rully yang menebutkan bahwa target market yang disasar dari dua seri terbaru itu adalah orang rumahan, pemilik organ tunggal, dan musisi yang bermain di band.

Untuk mencapai target tersebut, YMDI menggelar sejumlah langkah pemasaran dan komunikasi. Di antaranya, peluncuran produk dengan mengundang media sekaligus menghadirkan musisi legendaris Waldjinah dan brand ambassador Yamaha Musik Isyana Sarasvati.

“Selain itu, kami juga akan menggelar program Trade In, dengan cara menukarkan keyboard lama dengan merek apapun untuk pembelian keyboard terbaru dari YMDI. Mereka dapat mendatangi seluruh outlet YMDI di Indonesia utnuk mengikuti program trade in ini,” lanjutnya.

Program pemasaran dan komunikasi lainnya yang juga siap dijalankan YMDI adalah melakukan kampanye digital di media sosial seperti Facebook dan Instagram guna memperkenalkan seri terbaru SR-S975 dan PSR-S775. “Bahkan, kami juga melakukan kerja sama dengan komunitas keyboard di seluruh Indonesia,” tutup Rully.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)