XL Kucurkan 90% Belanja Modal 2018 untuk Perkuat Jaringan dan TI

Catatan kinerja PT XL Axiata Tbk. di tahun lalu gak lepas dari kontribusi pendapatan dari layanan data. Pada sepanjang 2017, jumlah pelanggan XL yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan trafik layanan data hingga dua kali lipat atau meningkat sebesar 148% (year on year).

Diungkapkan Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, pencapaian XL Axiata sepanjang 2017 secara jelas memberikan sinyal bahwa kini saatnya XL harus melangkah ke fase berikutnya, yaitu memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan, termasuk memperluas cakupan layanan ke area-area luar Jawa.

"Ini adalah momentum yang tepat untuk kami mencanangkan tekad #JadiLebihBaik, sehingga akan semakin memuaskan pelanggan dan para pemangku kepentingan lainnya. Salah satunya, dengan cara memperkuat jaringan data yang masih akan fokus pembangunannya di Pulau Jawa, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu," katanya.

Tahun ini, lanjut Dian, XL Axiata berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE. Sementara, tahun 2017 lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata telah mencapai sekitar 93% dan layanan 4G mencapai 85% dari total populasi.

"Untuk pengembangan jaringan dan penerapan teknologi jaringan terbaru maupun TI (Teknologi Informasi) XL Axiata akan mengalokasikan 90% dari anggaran belanja modal (Capex)  tahun 2018 yang sebesar Rp 7 triliun," aku Dian.

Dari pembangunan tahun lalu, paparnya, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G. Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar.

"Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60% di antaranya berada di luar Jawa.  Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)