Masihkah Ada Peluang bagi Toko Fisik?

Belanja melalui online kini makin menjadi pilihan. Namun menjadi pertanyaan, kenapa Amazon yang mendominasi 90% persen belanja online di seluruh dunia, masuk ke bisnis ritel fisik.  Hari-hari makin banyak toko fisik yang tutup dan berpindah ke toko online. Apakah masa depan toko fisik meredup?

Penelitian yang dilakukan TrendSource menunjukkan bahwa penawaran dalam toko seperti kemudahan pengembalian dan pertukaran, layanan pelanggan yang lebih baik dan kepuasan instan mengalahkan pengalaman belanja online.

Lalu bagaimana? Survei yang dilakukan TrendSource terhadap pengguna internet pada bulan Maret 2017 di Amerika Utara, menemukan bahwa responden yang melakukan pembelian barang elektronik, mode atau pembelian barang-barang kebutuhan rumah menilai layanan pelanggan dan tingkat pengembalian / pertukaran lebih unggul toko fisik dibandingkan belanja online.

Namun dmeikian, belanja online juga punya kelebihan. Menurut hasil survey, mayoritas responden mengatakan bahwa ketersediaan produk, serta variasi dan pilihan produk, lebih unggul platform digital jika dibandingkan dengan toko fisik. Hampir tiga perempat pembeli produk mode dan barang elektronik menilai bahwa ketersediaan produk di toko online lebih baik daripada di toko fisik.

Harga adalah satu area di mana pembeli terbagi secara merata antara belanja digital dan di dalam toko, namun juga bergantung pada kategori produk. Enam dari sepuluh responden mengatakan bahwa harga elektronik lebih baik di toko online, sementara pembelanja mode hampir terbagi antara saluran pembelian digital dan toko fisik. "Kecuali untuk barang elektronik, pembeli yang tidak lagi secara inheren melihat online lebih murah. Jadi alih-alih mengkhawatirkan konsumen mencocokan harga, pengecer harus mempertimbangkan untuk menciptakan nilai pembeli di toko," kata direktur senior dan konsultan layanan TrendSource, Evencia Leite.

Salah satu kunci keberhasilan menarik pembeli untuk toko fisik adalah kemampuan meletakkan barang. Bila dilakukan seperti yang dibutuhkan pembeanja, ini merupakan daya tarik kuat bagi mereka yang lebih memilih melakukan pembelian di dalam toko. Lebih dari 80% pembeli di ketiga kategori produk tersebut menyatakan bahwa mendapatkan barang segera merupakan alasan mereka berbelanja di toko fisik.

Lokasi fisik juga memiliki kelebihan lain. Misalnya, mayoritas (70%) pembeli elektronik suka memanfaatkan saran dan bantuan dari karyawan secara langsung. Mampu memeriksa secara fisik kecocokan atau kualitas item menarik proporsi besar perbaikan rumah dan pembelanja mode-81% dan 87%. Ini sekaligus memberikan gambaran bahwa interaksi sosial merupakan faktor daya tarik penting mereka yang menyukai toko fisik.

Hari-hari ini, yang ditawarkan perusahaan tidak lagi sekadar produk melainkan rangkaian lengkap produk dan layanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen mereka. Dengan demikian, apapun bisnisnya, perusahaan harus melayani kliennya. Layanan harus menjadi panggilan penyedia layanan, dan bukan sebagai tugas. Jika sebuah perusahaan melayani konsumen dengan tulus dan dengan empati yang lengkap, konsumen mendapatkan kenangan positif dari pengalaman ini.

Tesco PLC (LSE: TSCO) adalah toko kelontong multinasional Inggris dan peritel barang dagangan umum yang berkantor pusat di Cheshunt, Hertfordshire, Inggris. Tesco adalah peritel terbesar kedua di dunia yang diukur dengan keuntungan (setelah Wal-Mart) dan pengecer terbesar ketiga di dunia yang diukur dengan pendapatan (setelah Walmart dan Carrefour).

Perusahaan ini memiliki toko di 14 negara di seluruh Asia, Eropa dan Amerika Utara dan merupakan pemimpin pasar grosir di Inggris (Tesco memiliki pangsa pasar sekitar 30%), Malaysia, Republik Irlandia dan Thailand. Tesco dikenal sebagai perusahaan yang selalu menawarkan layanan penjualan yang sangat baik kepada para pelanggannya. Pada tahun 1996 Tesco menciptakan Tesco Customer Service Centres, sebagai tempat yang menyajikan layanan pelanggan yang sangat baik.

Saat ini, Tesco memiliki dua Pusat Layanan Pelanggan yang berbasis di Dundee dan Cardiff dan lebih dari 1.800 staf yang membalas rata-rata 1,5 juta kontak dari pelanggan di Inggris. Tim Tesco menanggapi permintaan pelanggan dan toko, yang dapat berupa produk atau layanan konsumen di tokonya - dan mereka melakukannya melalui telepon, surat, dan email. Tesco juga memiliki ahli teknik di Tim Dukungan Teknis Tesco, yang hadir untuk menawarkan bantuan dan saran mengenai masalah teknis yang mungkin dimiliki pelanggan dengan barang listrik mereka - apakah mereka telah dibeli secara online atau di toko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
MENATA BIJAK PERAN GANDA PERUSAHAAN

Setiap perusahaan wajib memainkan peran ganda: menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama. Memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan ekonomi, sosial,...

Close