Bio Bridge Batang Toru The Body Shop "The Best Social Marketing"

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

Dilatari fakta bahwa sekitar 80% dari spesies yang dilindungi kehilangan rumah atau habitat mereka karena industri dan perkebunan, The Body Shop Indonesia mencetuskan program Bio Bridge Batang Toru. Program ini dikemas dalam proram donasi kasir di seluruh gerai The Body Shop yang dilakukan sejak Juli 2016 hingga Desember 2018 dengan target Rp 2,8 miliar.

Program Bio-Bridge merupakan program konservasi hutan dengan cara membangun koridor antara bagian (area) hutan yang terpecah akibat eksploitasi seperti perburuan ilegal dan penebangan kayu yang tidak berlandaskan asas berkelanjutan. Dengan menggandeng Yayasan Ekosistem Lestari dan Orangutan Land Trust (OLT), program ini bertujuan untuk melindungi, memperbaiki, dan memulihkan habitat-habitat spesies hewan yang terancam punah serta membantu masyarakat setempat untuk hidup dengan baik.

Dana yang terkumpul dari donasi para pelanggan The Body Shop akan digunakan untuk mendukung pembentukan Unit Manajemen Hutan (Forest Management Unit) di Sumatera. Mereka ditugaskan membantu melindungi populasi paling selatan dari spesies orangutan yang langka dan terancam punah serta spesies hewan lainnya yang juga terancam punah di Hutan Batang Toru, seperti Harimau Sumatera, Siamang, Tapir dan Pangolin.

Hasilnya, sejak pertengahan 2016 hingga 2017, donasi customer yang terkumpul untuk program Bio Bridges Batang Toru sebesar Rp 1.823.077.029 telah diserahkan oleh The Body Shop® Indonesia kepada Yayasan Ekosistem Lestari yang diwakili oleh Direktur Sumatra Orangutan Conservation Programme Yayasan Ekosistem Lestari (SOCP- YEL), Ian Singleton. Sementara, bagi The Body Shop Indonesia sendiri telah meraih media coverage sebesar Rp13.072.058.750.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)