Konimex Dukung Perilaku Hidup Bersih Sehat "The Best Philanthropy"

Indonesia's Best Corporate Social Initiatives 2018

Tahun 2017 merupakan tahun emas bagi Konimex, perusahaan farmasi asal Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah. Di usianya ke-50 tahun, PT Konimex komitmen untuk selalu berkontribusi menyehatkan bangsa sebagai bukti tanggung jawab sosialnya. Komitmen tersebut diwujudkan melalui program filantropi membangun dan memperbaiki toilet di sekolah dasar serta mengampanyekan (cause promotion) Perilaku Hidup Bersih Sehat kepada murid-murid sekolah dasar di Sukoharjo, tempat pabrik Konimex berdiri.

Melalui Proyek Sanitasi Sekolah, Konimex membangun dan memperbaiki toilet di 75 sekolah dasar di Kabupaten Sukoharjotersebar di empat kecamatan, yaitu Grogol, Baki, Sukoharjo dan Bendosari. Proyek ini juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah, dalam mewujudkan Indonesia dengan 100% akses sanitasi bagi seluruh lapisan masyarakat pada 2019 yang menjadi fokus pemerintah.

Program dilatarbelakangi rasio perbandingan jumlah toilet di sekolah-sekolah dasar dengan siswa yang ada belum seimbang. Di Sukaharjo, misalnya, menurut data di Dinas Kesehatan setempat, hanya 40% SD di Sukoharjo yang sudah memiliki toilet dengan kondisi memadai. Sementara toilet yang ada dianggap belum memenuhi standar kelayakan sanitasi dasar untuk terciptanya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Program Pembangunan Sanitasi Sekolah yang dimulai Juli 2017 ini akhirnya berhasil membangun 89 unit toilet baru, merenovasi 212 unit toilet lama dan membangun 26 unit septiktank. Hal ini sesuai standar, yakni jumlah toilet minimal sama dengan jumlah kelas atau satu toilet untuk 25-40 murid.

Konimex juga menyelenggarakan pelatihan bagi murid yang terpilih sebagai duta kampanye PHBS. Para duta ini diharapkan menjadi agent of change di masing-masing sekolah, dan bertugas merancang serta memimpin kegiatan-kegiatan PHBS yang melibatkan segenap siswa dan guru.

Uniknya, Konimex mengajak masyarakat berpatisipasi dalam filantropi Proyek Sanitasi Sekolah dengan menggelar event “Konimex Run for Health” pada 14 Mei 2017 yang merupakan event lari half maraton pertama di Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo. Peserta diberikan tiga pilihan jarak lari, yakni 5 kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer.

Bentuk partisipasi dilakukan melalui perhitungan akumulasi total kilometer yang terkumpul dari jarak lari yang ditempuh oleh para peserta. Perhitungannya, untuk setiap 230 km jarak lari yang terkumpul dari peserta event, dikonversi setara dengan pembangunan satu unit toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)